Cara Memasukan File ke Google Drive di Laptop Dengan Mudah

Google Drive merupakan salah satu layanan dari Google untuk menyimpan sebuah file dengan basis cloud. Layanan ini sangat populer karena bisa diakses secara mudah dari berbagai platform smartphone ataupun laptop. Kemudahan cara upload dan download file di Google Drive juga menjadi keunggulannya. Oleh karena itu, cara memasukkan file ke Google Drive di laptop sangat disarankan untuk diketahui.

Cara untuk melakukan upload file ke dalam Google Drive di laptop sangat mudah. Berbagai file di laptop baik berukuran kecil hingga besar bisa dimasukkan ke dalamnya. Jadi, penyimpanan ini bisa dikatakan fleksibel untuk keperluan backup berbagai jenis file.

Serangkaian Cara Memasukkan File ke Google Drive dengan Gampang

Untuk melakukan upload file pastikan terlebih dahulu di laptop sudah terinstall browser untuk membuka Google Drive. Jika sudah perhatikan berbagai cara memasukkan file ke Google Drive di laptop berikut ini agar bisa langsung mempraktikannya sendiri.

  1. Sudah Login di Google Drive

Cara Memasukan File ke Google Drive di Laptop Dengan Mudah
Sumber gambar: free power poin

Hal pertama yang harus dipastikan sebelum memasukkan file ke Google Drive adalah login terlebih dulu ke akun Google. Google Drive membutuhkan akun Google yang aktif untuk menggunakannya. Jadi, pastikan sudah login ke akun Google di browser laptop masing-masing agar bisa mengakses Google Drive.

Selain sudah login, pastikan juga mengingat password dan email akun Google yang menggunakan layan Google Drive. Hal ini dikarenakan untuk mengakses file di Google Drive membutuhkan akun Google yang masih aktif. Untuk itu, sebaiknya catat terlebih dulu password dan email akun Google terlebih dulu untuk berjaga-jaga jika suatu saat lupa.

  1. Mempersiapkan File yang Akan di Upload atau dimasukkan

Salah satu cara memasukkan file ke Google Drive di laptop adalah mempersiapkannya terlebih dahulu. Pastikan file yang akan diupload sudah dipersiapkan terlebih dulu. Pilihlah file yang sekiranya sangat penting sehingga harus dibackup di Google Drive.

Agar lebih mudah, kelompokan file yang akan diupload ke Google Drive dalam satu folder jika jumlahnya lebih dari satu. Hal ini akan mempersingkat waktu pencarian file ketika ingin memasukkannya ke Google Drive.

  1. Memasukkan atau Mengupload File ke Google Drive

Cara Memasukan File ke Google Drive di Laptop Dengan Mudah
Sumber gambar: kompas tekno

Setelah login dan mempersiapkan file, maka langkah selanjutnya adalah mengupload file. Pertama, kunjungi situs Google Drive dan pilih opsi ‘baru’ di sebelah kiri atas tampilan menu utamanya. Setelah itu akan ada tiga opsi untuk proses upload. Pilih opsi kedua yaitu ‘upload file’ untuk memasukkan file dari laptop.

Setelah memilih opsi kedua, akan muncul tampilan browser file yang akan diupload di Google Drive. Carilah file yang sudah dipersiapkan sebelumnya untuk mempersingkat waktu. Jika lebih dari satu, silahkan blok beberapa file yang ingin diupload. Setelah itu, pilih opsi ‘open’ dan file akan terupload. Kecepatan koneksi internet sangat berpengaruh dalam proses upload ini sehingga usahakan kondisi sinyal stabil.

Itulah cara memasukkan file ke Google Drive di laptop secara mudah bisa dilakukan sendiri. Layanan Google Drive sendiri sangat memungkinkan untuk membackup di laptop. Apalagi, data-data di laptop berukuran besar sehingga membutuhkan penyimpanan cloud untuk backup.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi ketika akan melakukan backup berbagai file yang berukuran besar di laptop karena sudah ada Google Drive. Dengan layanan penyimpanan berbasis cloud ini, berbagai file bisa dibackup sehingga memungkinkan untuk diakses kembali. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar