Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Benar

Keyboard laptop merupakan salah satu komponen yang mudah kotor. Sebab, debu dan kotoran sangat mudah menempel pada permukaan keyboard. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan keyboard laptop dengan benar agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Pasalnya, jika kotoran dibiarkan dalam waktu lama, dapat menyebabkan kerusakan pada laptop. Jadi, segera bersihkan keyboard jika sudah kotor.

Ini Dia Cara Membersihkan Keyboard Laptop Agar Awet

  1. Pastikan Laptop dalam Keadaan Mati

Membersihkan Keyboard Laptop yang Benar
Sumber gambar: laptopnesia

Sebagai langkah awal dari serangkaian cara membersihkan keyboard laptop yaitu memastikan bahwa laptop dalam keadaan mati. Sehingga ketika sedang membersihkannya tidak akan menyebabkan kerusakan pada keyboard karena tertekan-tekan.

Selain menghindari kerusakan, hal tersebut juga bertujuan agar Anda tetap aman. Perlu untuk dipahami, laptop juga mengandung komponen-komponen yang bisa membahayakan jika Anda tidak menggunakan ataupun merawatnya dengan benar.

  1. Letakkan Laptop dengan Posisi yang Terbalik

Membersihkan Keyboard Laptop yang Benar
Sumber gambar : buka review

Bagian keyboard menjadi salah satu bagian laptop yang cara membersihkannya tidak semudah pada bagian yang lain. Oleh karena itu, Anda bisa meletakkan laptop dengan posisi yang terbalik. Hal tersebut bertujuan agar kotoran yang ada bisa keluar dengan mudah.

Setelah kotoran dari balik tombol sudah keluar, Anda dapat menyempurnakannya dengan cara mengelap pada bagian permukaannya menggunakan kain yang halus atau tisu dengan memberikan sedikit alkohol. Anda bisa menyeka setiap permukaan tombol dan pada sela-sela keyboard.

Cara membersihkan keyboard laptop memang memerlukan teknik tersendiri. Namun, Anda tetap bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus membawa laptop ke tempat service. Ketika keyboard rajin dibersihkan, tentunya Anda sendiri juga yang akan merasakan manfaatnya.

  1. Cara Membersihkan Keyboard Laptop Menggunakan Vacum Cleaner

Membersihkan Keyboard Laptop yang Benar
Sumber gambar: nexten

Cara membersihkan keyboard laptop bisa dilakukan dengan menggunakan vacuum cleaner. Dengan memanfaatkan alat tersebut, Anda sudah tak perlu lagi mengeluarkan banyak tenaga maupun waktu untuk membersihkan keyboard.

Dalam hal ini, vacuum cleaner yang dimaksud yakni bukanlah yang dipakai untuk membersihkan karpet dan lantai. Melainkan merupakan vacuum cleaner yang khusus dirancang dengan bentuk yang lebih kecil. Alat tersebut mempunyai tekanan yang rendah, sehingga fungsi dari keyboard laptop Anda tidak akan terganggu.

  1. Menggunakan Kuas Make-Up

Sebagian besar masyarakat, khususnya kaum hawa, pasti mempunyai kuas make-up. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan kuas tersebut untuk membersihkan keyboard pada laptop. Cara membersihkan keyboard laptop menggunakan kuas dilakukan dengan menyapukannya pada sela-sela tombol.

Sebelum Anda menggunakan kuas tersebut, harus dipastikan bahwa bulunya memiliki tekstur yang lembut dan halus. Tidak sembarang kuas baik digunakan. Sebab, apabila bulu kuas tersebut memiliki tekstur yang kaku, justru bisa memicu kerusakan keyboard.

  1. Mencabut Keyboard Bagi yang Sudah Berpengalaman

Jika Anda memang sudah sering membersihkan laptop dan berpengalaman dengan komponen-komponen laptop, khususnya pada keyboard, maka cara membersihkan keyboard laptop dapat dilakukan dengan mencabut keyboard dari tempatnya. Langkah ini bahkan bisa membuat keyboard bersih dengan maksimal.

Dengan mengeluarkan keyboard dari tempatnya, maka setiap tombol dapat dibersihkan dengan lebih merata, sehingga seluruh debu-debu yang menempel bisa hilang. Ketika sudah selesai, kembalikan lagi setiap tombol pada posisinya masing-masing.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa keyboard laptop juga penting untuk diperhatikan kebersihannya. Cara membersihkan keyboard laptop pun beragam. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan ketersediaan peralatan yang ada dan kemampuan Anda.

Semoga menjadi informasi bermanfaat, khususnya terkait dengan pengetahuan dan pengalaman terkait laptop.