Bongkar Rahasia di Balik Layar Sebuah Film Fiksi

Bongkar Rahasia di Balik Layar Sebuah Film Fiksi

Buat kalian para pecinta film luar negeri seperti film jurrasic park, the Avengers, fast & furious dll pasti dimanjakan dengan teknologi digital seperti CGI, untuk membuat teknologi CGI tersebut dibutuhkan layar atau background hijau dibelakang.

Layar hijau itu merupakan teknologi Keying choma, Keying merupakan proses mengisolasi satu warna atau nilai kecerahan dalam gambar elektronik dan menggunakan perangkat lunak untuk membuat gambar itu transparan, memungkinkan gambar lain untuk masuk.

luminasi keying atau lumakeying, adalah proses memasukkan sebuah nilai kecerahan atau jangkauan, seperti hitam atau putih. Pada intinya, proses ini memungkinkan background yang ditempatkan di belakang aktor untuk digantikan dengan background lain yang diinginkan.

Sebenarnya background tidak harus berwarna hijau atau biru. Namun kedua warna tersebut paling sering dipilih karena keduanya paling menonjol. Warna yang menonjol memudahkan untuk diganti ke gambar lain.

Layar biru seringkali menggantikan layar hijau. Namun layar hijau masih yang paling umum digunakan karena beberapa alasan. Salah satunya adalah karena aktor seringkali menggunakan warna biru. Layar hijau juga lebih umum digunakan karena warna tersebut memiliki luminasi paling tinggi dari channe warna lain (RGB).

Selain digunakan di film, green screen umumnya dimanfaatkan untuk siaran ramalan cuaca, di mana presenter berita biasanya terlihat berdiri di depan peta CGI besar selama siaran berita televisi live meskipun dalam kenyataannya itu adalah latar belakang biru atau hijau besar.

Bila menggunakan layar biru, peta cuaca yang berbeda ditambahkan pada bagian-bagian dari gambar di mana warna biru. Chroma keying juga umum di industri hiburan untuk efek khusus dalam film dan videogame.

VIRAL :  Wow! Spesies Dinosaurus Ditemukan, Bentuknya Aneh