Tak Mau Kalah! Telegram Siap Luncurkan Iklan di Aplikasi

Untuk kamu pengguna telegram mimin punya info menarik karena kabarnya aplikasi kirim pesan tersebut akan memunculkan pesan bersponsor yang memungkinkan siapa saja untuk mempromosikan saluran dan bot di aplikasi telegram dengan mudah.

Untuk kamu yang belum tahu. Tahun lalu Pavel Durov pendiri platform perpesanan yang dibiayai dari kocek pribadinya telah berbicara mengenai rencana untuk hasilkan pendapatan. “Jika kami memonetisasi saluran publik satu-ke-banyak lewat Platform Iklan, pemilik saluran ini akan terima lalu lintas gratis sesuai dengan ukurannya,” tulisnya saat itu.

Saat ini versi tersebut dalam mode pengujian dan tak tersedia untuk semua orang. Setelah diluncurkan sepenuhnya, diperkirakan bisa bantu Telegram menutupi biaya operasional dasarnya (seperti peralatan dan pusat data).

Pesan sponsor hanya akan muncul di ‘kanal’, yang adalah sebuah alat platform untuk menyiarkan pesan publik ke khalayak luas. ‘Kanal’ berbeda dari ‘grup’, dan memberikan kesempatan jangkau orang-orang secara langsung, mengirimkan pemberitahuan ke ponsel mereka dengan setiap kiriman. Sebuah ‘kanal’ dapat berjumlah banyak anggota.

Pesan bersponsor di Telegram, kata Durov, cuma akan ditampilkan di saluran publik satu-ke-banyak dengan lebih dari 1.000 anggota. Ini cuma akan didasarkan pada topik saluran publik di mana mereka ditampilkan.

Durov menunjukkan jika lewat pesan yang disponsori, Telegram memperbaiki iklan yang sudah ada di sini. “Beberapa admin saluran satu-ke-banyak di Telegram sudah memasang iklan dalam bentuk pesan biasa. Kami berharap pesan bersponsor akan menawarkan cara yang lebih ramah pengguna dan mengurangi kekacauan bagi orang yang mempromosikan saluran dan bot mereka.”

Durov menambahkan bahwa data pengguna tidak akan digunakan untuk menargetkan iklan. Prioritas utama Telegram adalah melindungi data pribadi pengguna. Telegram mengatakan memiliki rencana untuk mulai berbagi pendapatan iklan dengan admin saluran tempat pesan sponsor ditampilkan — karena, dalam kata-kata Durov.