Tahukah Kamu, Planet Ini Sangat Mirip Dengan Bumi

Tahukah kamu, ternyata ada sebuah planet yang sangat mirip dengan planet bumi loh. Planet tersebut bernama HD 189733b planet berwarna biru yang memiliki suhu lebih panas dari bumi. Planet ini pula berukuran seperti planet Jupiter dan mempunyai cuaca sendiri.

Angin di planet tersebut memiliki kecepatan hembusan hingga 5.400 mph atau sekira 8.700 km/jam. Meski begitu, para Ilmuwan menganggap, kemiripan HD189733b dengan Bumi disebut karena faktor kebetulan belaka.

Ini bukan lah pertama kalinya ada planet yang memiliki kemiripan dengan Bumi. Sebelumnya Ilmuwan juga menjumpai hal yang sama pada planet es Uranus dan Neptunus.

Dari kedua planet tersebut, Ilmuwan mengungkap bahwa atmosfer yang berada di atasnya mengandung metana yang memantulkan tampilan seperti ombak berwarna biru dari ruang angkasa.

HD189733b sebenarnya, telah ditemukan NASA pada 2005 silam. Munculnya warna biru yang mirip dengan Bumi di planet tersebut diketahui pada tahun 2013 menggunakan teleskop Hubble milik NASA.

Kini, keberadaan planet tersebut kembali terungkap bersamaan dengan pengumpulan data NASA yang mengkategorikan HD189733b sebagai Galaxy of Horrors beserta kelima planet lainnya di situs exoplanet.nasa.gov.