Jangan Panik! Begini Cara Kembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Jangan Panik! Begini Cara Kembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan singkat yang sangat populer saat ini. bahkan kabarnya perusahaan asal California, Amerika Serikat ini sudah mempunyai lebih dari 1 miliyar pengguna di seluruh dunia. Dengan kesuksesan tersebut whatsapp secara resmi telah mengalahkan pamor blackberry messenger yang pada beberapa tahun sebelumnya telah menjadi raja di dunia maupun Indonesia karena sangat digandrungi oleh anak muda.

Oleh sebab itu. dalam artikel ini mimin akan coba mengulas salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan yang sering terjadi di aplikasi whatsapp yaitu cara mengembalikan kontak whatsapp yang hilang terhapus atau karena masalah lain.

Untuk kembalikan kontak WhatsApp kamu yang hilang, kamu bisa memulihkannya dengan cara berikut:

1. Bersihkan Cache

Kontak WhatsApp yang hilang dapat disebakan dari cache pada memori ponsel kamu yang sudah penuh. Karena cache tersebut mempunyai fungsi untuk simpan data sementara dan jika jarang dibersihkan akan berdampak pada kinerja WhatsApp.

Untuk bersihkan cache, kamu dapat masuk ke menu setting dan klik WhatsApp. Nantinya akan terlihat tampilan Apps Info > Force Stop > Clear Cache. bila selesai menghapus data Cache, restart ulang smartphone kamu dan kontak WhatsApp kamu akan kembali seperti semula.

2. Aktifkan Menu Permission

Saat kontak WhatsApp Anda mendadak hilang, mungkin ponsel belum aktifkan menu Permission. Bila ini yang terjadi dapat menyebabkan kontak di smarthphone dan WhatsApp tak terkoneksi dan membuat kontak hilang saat kamu tak sengaja me-restart smarthphone-mu.

Coba cek mneu Permission apakah sudah diaktifkan atau belum. Bila belum kamu bisa mengaktifkannya lewat menu Setting. Bila sudah masuk ke Setting, klik Aplication dan pilih WhatsApp kemudian ketuk Permission. Setelah itu, kamu tinggal aktifkan menu Permission di WhatsApp-mu supaya sistem bisa membaca kontakmu dan mengurangi kemungkinan kontak hilang secara tiba-tiba.

3. Tampilkan Semua Kontak

Kesalahan mengatur tampilan nomor kontak pada WhatsApp pula dapat menyebabkan kontak yang hilang. Bila ini masalahnya, kamu dapat menyetel ulang dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih kontak dan checklist pilihan tampilkan semua kontak.

4. Pakai Cadangan Kontak di Gmail

Untuk kembalikan kontak WhatsApp yang hilang, kamu pula dapat pulihkan menggunakan cadangan kontak yang ada di Gmail. Sebab setiap aplikasi WhatsApp selalu terintegrasi dengan Gmail sehingga nomor kontak WhatsApp akan tersimpan di Gmail. Cara untuk pulihkan kontak WhatsApp melalui cadangan Gmail, kamu tinggal buka menu settings di aplikasi kontak HP kamu. Lalu cari menu Contact to display dan cek list akun Gmail tempat kamu mencadangkan kontak.