8 Aplikasi Berbahaya Bisa Rampok Uang & Data Ponsel Kamu

Kabar kurang enak datang dari dunia smartphone karena baru baru ini polisi telah menemukan delapan aplikasi yang telah disusupi oleh virus joker jahat yang bisa membahayakan pengguna. Deretan aplikasi ini telah dilaporkan dan bisa merampok data dang uang para pengguna.

Virus jahat ini akan membuat ponsel para korbannya berlangganan layanan premium atau berbayar. Korban tidak akan dimintai persetujuan untuk berlangganan layanan ini dan uang mereka akan hilang tanpa disadari. “Program jahat ini telah terdeteksi pada delapan aplikasi di Play Store yang telah ditekan oleh Google,” kata Kepolisian Belgia seperti dikutip dari Times of India, Selasa (23/11/2021).

Google telah menghapus seluruh aplikasi bermasalah dari layanan toko aplikasinya. Namun ancaman masih akan diterima bagi mereka yang telah memasang (install) aplikasi di smartphonenya. Untuk pengguna Android yang memiliki aplikasi tersebut di perangkat masing-masing diminta untuk menghapusnya segera.

Ini daftar delapan aplikasi bermasalah tersebut:

1. Auxiliary Message

2. Element Scanner

3. Fast Magic SMS

4. Free CamScanner

5. Go Messages

6. Super Message

7. Super SMS

8. Travel Wallpapers

Virus Joker adalah salah satu malware yang ditemukan di Play Store dan ada di ribuan aplikasi Android. Malware tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 2017 lalu. Peneliti dari Quick Heal juga menemukan jika virus Joker tidak hanya mencuri uang korban. Namun juga akan mencuri data para pengguna mulai dari SMS, daftar kontak, informasi perangkat, hingga one time password.