Cara Mudah Pulihkan Chat WhatsApp yang Terhapus

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan singkat yang sangat populer beberapa tahun ini, Bahkan aplikasi yang mempunyai markas besar di California, Amerika Serikat ini telah sukses membuat blackberry messenger (BBM) gulung tikar setelah sekian lama mendominasi pasar aplikasi pesan singkat di dunia.

Oleh sebab itu dalam artikel ini mimin akan memberikan sebuah cara yang tak banyak pengguna yang tahu yaitu cara memulihkan chat whatsapp yang tak sengaja terhapus atau mungkin kamu sengaja menghapusnya. Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu kamu berubah pikiran atau mungkin ada chat yang sangat penting seperti history bersama pasangan kamu dan ingin mengenang nya kembali.

Akan tetapi, untuk memulihkan riwayat chat WhatsApp yang tak sengaja terhapus, kamu bisa dilakukan jika sebelumnya Anda telah mencadangkan (backup) obrolan.

Cara Backup Chat WhatsApp

Chat WhatsApp secara otomatis dicadangkan ke memori telepon setiap harinya. Kamu pula bisa secara berkala mencadangkan chat WhatsApp ke Google Drive. Berikut cara backup chat WhatsApp, mengutip laman WhatsApp.

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Pilih opsi Settings > Chat > Chat Backup

3. Pilih akun Google yang akan menjadi tempat penyimpanan riwayat obrolan.

Kamu pula bisa buat cadangan lokal di ponsel. Kamu pula dapat pilih frekuensi backup seperti harian, mingguan, atau bulanan.

4. Ketuk ‘Backup’

Setelah obrolan dipastikan telah tersimpan dengan baik, kamu dapat memulihkannya saat dibutuhkan kembali, kendati telah terhapus tak sengaja. Berikut cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, mengutip laman WhatsApp.

Cara memulihkan chat WhatsApp dari Google Drive

1. Hapus dan pasang kembali aplikasi WhatsApp.

2. Buka WhatsApp, lalu verifikasi nomor Anda.

3. Saat diminta, ketuk ‘Restore’ untuk memulihkan riwayat chat dari Google Drive.

5. Setelah proses pemulihan selesai, ketuk ‘Next’. Chat akan ditampilkan setelah proses selesai.

Cara memulihkan chat WhatsApp dari penyimpanan lokal

kamu bisa melakukan cara untuk kembalikan chat WhatsApp yang terhapus jika telah melakukan backup terlebih dahulu.

1. Unduh aplikasi file manager

2. Di aplikasi, buka SD Card/ WhatsApp/ Databases. Bila tak disimpan di SD Card, kamu mungkin akan temukan di penyimpanan internal ponsel.

3. Ganti nama file cadangan yang ingin Anda pulihkan dari msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 ke msgstore.db.crypt12. Ganti tahun, bulan, dan tanggalnya.

4. Hapus dan pasang ulang aplikasi WhatsApp.

5. Buka WhatsApp, lalu verifikasi nomor Anda.

6. Saat diminta, ketuk ‘Restore’ untuk memulihkan riwayat chat.

 

Demikian cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.