Work! Cara Kembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang Dengan Mudah

Work! Cara Kembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang Dengan Mudah

Halo sobat teknohits apakah Anda pernah mengalami masalah kontak whatsapp yang tiba-tiba hilang? Apalagi jika yang hilang itu kontak orang terpenting kamu, seperti pacar, mantan dan dosen pembimbing. Pasti bikin kamu panik dong. 

Tapi kamu tidak perlu terlalu khawatir karena ara mengembalikan kontak WhatsApp yang tiba-tiba hilang dari smartphone dapat kamu lakukan dengan mudah. Jadi kamu tidak perlu panik ketika tiba-tiba kontak WhatsApp hilang karena semua dapat dikembalikan dengan cara-cara yang sudah mimin rangkum di bawah ini. Untuk kembalikan kontak WhatsApp yang hilang, kamu dapat menemukannya dengan cara berikut:

1. Bersihkan Cache

Kontak WhatsApp yang hilang dapat disebabkan dari cache pada memori HP kamu yang sudah penuh. Sebab cache ini mempunyai fungsi untuk menyimpan data sementara dan bila jarang dibersihkan akan berdampak di kinerja WhatsApp.

Untuk bersihkan cache, kamu dapat masuk ke menu setting dan klik WhatsApp. Nantinya akan terlihat tampilan Apps Info > Force Stop > Clear Cache. Bila kamu sudah menghapus data Cache, restart ulang smartphone Anda dan kontak WhatsApp kamu akan kembali seperti semula.

2. Aktifkan Menu Permission

Saat kontak WhatsApp kamu mendadak hilang, mungkin hp belum mengaktifkan menu Permission. Bila ini yang terjadi dapat menyebabkan kontak di smarthphone dan WhatsApp tidak terkoneksi dan bikin kontak hilang saat kamu tidak sengaja me-restart smarthphone-mu.

Coba cek di menu Permission apakah sudah diaktifkan atau belum. Bila belum kamu dapat mengaktifkannya lewat menu Setting. Bila sudah masuk ke Setting, klik Aplication lalu pilih WhatsApp kemudian ketuk Permission. Setelah itu, aktifkan menu Permission di WhatsApp-mu agar sistem bisa membaca kontakmu dan mengurangi kemungkinan kontak hilang secara tiba-tiba.

3. Tampilkan Semua Kontak

Kesalahan mengatur tampilan nomor kontak pada WhatsApp pula dapat sebabkan kontak menghilang. Bila ini akar masalahnya, kamu dapat menyetel ulang dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih kontak dan checklist pilihan tampilkan semua kontak.

4. Pakai Cadangan Kontak di Gmail

Untuk kembalikan kontak WhatsApp yang hilang, kamu pula dapat memulihkannya memakai cadangan kontak yang ada di Gmail. Sebab setiap aplikasi WhatsApp selalu terintegrasi dengan Gmail sehingga nomor kontak WhatsApp akan tersimpan di Gmail.

Cara untuk memulihkan kontak WhatsApp melalui cadangan Gmail, buka menu settings di aplikasi kontak ponsel Anda. Lalu cari menu Contact to display dan cek list akun Gmail tempat kamu mencadangkan kontak. Setelah itu, Refresh Contact pada aplikasi WhatsApp dan kontak yang tadinya hilang akan muncul kembali.

5. Instal Ulang WhatsApp

Bila seluruh cara sebelumnya tak pula dapat mengembalikan kontak WhatsApp , kamu dapat menghapus dan menginstal ulang aplikasi. Akan tetapi sebelum menghapus dan menginstal ulang, sebaiknya kamu back-up data yang ada di WhatsApp sebab beberapa kemungkinan data tersebut dapat hilang.