Cara Membuka Smartphone ketika Lupa Password atau Pola

Meskipun tidak semua, tapi rata rata para pengguna smartphone android memakai pasword atau sebuah pola untuk masuk kedalam menu. Karena untuk mencegah orang lain mengotak atik HP kalian, ataupun jika HP kalian hilang atau dicuri itu bakal sedikit menolong karena si pencuri tidak bisa langsung mengakses smartphone kalian.

Namun fitur pasword & pola di smartphone android ini juga banyak membuat para penggunanya kesusahan sendiri, karena kadang kalian lupa dengan pasword tersebut.

Namun, kalian tidak usah khawatir karena admin ingin membagikan info Cara Membuka Smartphone ketika Lupa Password atau Pola. Yuk simak dibawah ini.

 

1. Untuk Android 4.4 ke Bawah

Cara Membuka Smartphone ketika Lupa Password atau Pola
Sumber gambar: greenbot

Versi lama Android, Android 4.4 KitKat dan lebih tua memiliki cara yang terintegrasi untuk memotong pola, PIN, atau password jika kamu lupa. Google menghapus fitur ini di Android 5.0 Lollipop, sehingga kamu harus menggunakan metode yang berbeda jika kamu memiliki perangkat dengan versi terbaru Android.

Untuk menemukan fitur ini, pertama masukkan pola yang salah atau PIN lima kali di layar kunci. Kamu akan melihat tombol pola, PIN, dan password yang terlupakan muncul. Pilih pola tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan username dan password akun Google yang terkait dengan perangkat Android kamu.

 

2. Android 5.0 ke Atas

Cara Membuka Smartphone ketika Lupa Password atau Pola
Sumber gambar: dotugo

Pengingat pola, PIN, atau password sayangnya sudah tidak tersedia lagi pada Android ini. Namun, fitur Android Smart Lock mungkin bisa menyelamatkan kamu. Apabila kamu telah menyiapkan Smart Lock pada smartphone dan secara otomatis log in saat sedang di rumah dan terhubung dengan wifi.

 

3.Factory-Reset Smartphone atau Tablet Android kamu

Cara Membuka Smartphone ketika Lupa Password atau Pola
Sumber gambar : info komputer

Jika Anda tidak bisa berhasil dengan salah satu trik di atas, maka kamu perlu merelakan data di smartphone kamu. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan perangkat kamu ke kondisi normal dengan cara factory reset. Cara untuk melakukan factory reset dengan ponsel dalam keadaan terkunci berbeda-beda setiap smartphone. Namun yang perlu digaris bawahi, kamu harus boot dalam menu sistem recovery perangkat dan membersihkannya dari sana.

Untuk melakukan hal tersebut, kamu harus mematikan perangkat dan hidupkan kembali sambil memegang tombol yang benar. Sebagai contoh pada Nexus 4, kamu harus menekan dan tahan volume bawah dan tombol power pada saat yang sama.

Namun, pada perangkat yang menjalankan Android 5.1, Anda mungkin harus memasukkan username dan password dari akun Google sebelumnya dikaitkan dengan perangkat. Hal ini untuk mencegah orang lain resetting dan menggunakan perangkat kamu. Namun, kamu tidak perlu menggunaka kode lama untuk kembali menggunakan hardware kamu