Bahaya Radiasi saat Terbang dengan Pesawat, Hati Hati
Sumber gambar: tribun

Bahaya Radiasi saat Terbang dengan Pesawat, Hati Hati

Berbicara mengenai radiasi pasti yang terlintas di pikiran kalian adalah sebuah barang elektronik seperti smartphone, laptop dll, ya. Tidak salah, karena memang barang elektronik tersebut bisa menyebabkan radiasi pada tubuh kita terutama pada mata.

 

Namun pernahkan kalian mendengar Radiasi dalam pesawat?

Ya. Ternyata bukan barang elektronik seperti smartphone saja loh yang bisa menyebabkan sebuah radiasi, karena menurut Penelitian terbaru dari badan antarikasa Amerika Serikat (NASA) ternyata berpergian menggunakan pesawat terbang dapat mengeluarkan radiasi yang tinggi loh.

para peneliti NASA menggunakan balon cuaca dalam penelitiannya. Mereka (para ilmuwan) menerbangkan balon tersebut di ketinggian 26 ribu hingga 120 ribu kaki di atas permukaan tanah.

Dari studi tersebut terungkap bahwa terdapat peningkatan radiasi terjadi seiring dengan meningkatnya ketinggian. Di ketinggian tertentu, partikel dengan energi yang cukup dapat menembus magnetosfer dan atmosfer.

Partikel-partikel itu bertabrakan dengan molekul nitrogen dan oksigen. Proses tersebut menyebabkan partikel radiasi menjadi partikel yang berbeda melalui proses yang disebut kaskade nukleonik dan elektromagnetik. Radiasi yang terbentuk akan berbahaya bagi pilot dan awak pesawat yang sering berada di ketinggian 30.000-40.000 kaki di atas permukaan laut.

Sebagai informasi, bumi memiliki sebuah perisai yang dapat melindungi manusia dari bahaya radiasi kosmik. Jika seseorang terpapar radiasi kosmik maka dirinya akan mengalami Demensia atau penyakit hilang ingatan. Demikian sebagaimana diwartakan oleh Daily Mail,

 

VIRAL :  Tahukah Kamu Warna Asli Mahari Yang Sebenarnya? Pasti Gak Percaya