Whatsapp Web vs WhatsApp Desktop, Pilih Yang Mana?

Whatsapp Web vs WhatsApp Desktop, Pilih Yang Mana?

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan sebuah info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas perbandingan dari dua tipe whatsapp yang bisa kamu gunakan yaitu whatsapp web dan whatsapp desktop. untuk mengetahui perbedaan dari keduanya yuk kita ulas bersama.

Perbedaannya memang tak banyak, akan tetapi cukup mendasar. Lalu, apa perbedaan antara WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop? Berikut penjelasannya.

Beda cara akses

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop dapat kamu akses dengan cara yang berbeda. WhatsApp Desktop bisa diakses dengan mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp di komputer atau laptop (Windows atau MacOS). Sedangkan untuk WhatsApp Web dapat diakses lewat menu browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan aplikasi browser lainnya. Untuk akses WhatsApp web, kamu kudu memakai aplikasi browser terlebih dahulu, baru menuju ke alamat ini untuk akses tanpa aplikasi standalone.

Beda fitur

Selain cara akses, WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop tak mampu perbedaan lain yang signifikan. Secara tampilan, keduanya tampak sama. Akan tetapi, khusus untuk versi web, tampilannya tampak lebih luas dibanding versi desktop.

Di versi dekstop, ada sebuah tombol minimize untuk memperkecil kendela aplikasi WhatsApp. Fitur tersebut cocok dipakai untuk mereka yang suka buka banyak aplikasi dalam satu waktu. Tombol minimize itulah yang tidak ditemukan di WhatsApp Web secara khusus. Bila kamu mau sembunyikan jendela WhatsApp, kamu yang memakai WhatsApp Web harus menekan tombol minimize untuk browser.

Sehingga, bila kamu memakai WhatsApp Web dan mau memperkecil ukuran atau menyembunyikan jendela, bisa diakali dengan bukanya di tab khusus, lalu me-minimize jendela tab tersebut. Berbeda dengan aplikasi WhatsApp Desktop yang memang merupakan aplikasi standalone. Tidak ada perbedaan yang mencolok dari sisi tools, tombol hingga tata letak.

Namun, ada beberapa pintasan atau shortcut yang memiliki perbedaan penggunaan di WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop. Sebagai contoh, untuk memulai chat baru, shortcut di versi web adalah tombol “ctrl+Alt+N”. Sedangkan di WhatsApp Desktop, tombol shortcut untuk memulai chat baru adalah “ctrl+shift+N”

Pilih mana?

Sesuaikan dengan kebutuhan, jika PC atau laptop memiliki sebuah spesifikasi yang mumpuni dan sering memakai WhatsApp maka bisa memilih WhatsApp Desktop.