Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar dan Dalam Yang Benar
Sumber gambar: idn times

Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar dan Dalam Yang Benar

Ketika sedang menggunakan laptop, seringkali terdapat sesuatu yang terjatuh di atasnya dan bisa membuatnya kotor. Jika hal itu terjadi, sebaiknya segera dibersihkan. Sebab, jika diabaikan, lambat laun bisa mengakibatkan laptop terlalu kotor bahkan rusak. Untuk itu, Anda harus memahami cara membersihkan laptop yang benar dan aman.

Jangka waktu terbaik untuk membersihkan laptop yakni satu kali selama seminggu. Cara ini bisa membuat laptop Anda selalu dalam keadaan bersih. Jika demikian, maka laptop akan lebih terawat dan masa pakainya bisa lebih lama.

Inilah Serangkaian Cara Membersihkan Laptop yang Aman

  1. Casing Laptop

Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar dan Dalam Yang Benar
Sumber gambar: Tokopedia

Cara membersihkan laptop bisa dimulai dengan mematikan laptop. Kondisi laptop yang mati akan memudahkan dalam menyentuh berbagai sisi dan komponen pada laptop tanpa khawatir akan terjadi ketidaksengajaan memencet tombol tertentu. Kemudian, gunakan spons atau kain untuk mengelap debu yang menempel pada casing.

Setidaknya gunakanlah pembersih dengan bahan cairan yang kandungannya lebih kuat dibandingkan dengan larutan sabun. Selain itu, sebaiknya tidak memakai pembersih yang mempunyai kandungan alkohol maupun zat hydrogen peroksida.

Setelah casing dibersihkan menggunakan kain yang lembab, selanjutnya bisa dilanjutkan menggunakan lap kering.

  1. Tidak dalam Keadaan Sedang di Charge

Selain harus mematikan laptop sebelum dibersihkan, cara membersihkan laptop juga perlu dilakukan tanpa menyambungkannya dengan colokan charger. Apabila laptop tersambung dengan aliran listrik bisa membahayakan ketika sedang dilakukan pembersihan laptop memakai cairan tertentu.

 

  1. Track Pad

Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar dan Dalam Yang Benar
Sumber gambar: spy

Cara membersihkan laptop pada bagian track pad sedikit berbeda dengan bagian casing. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kain basah. Perlu diperhatikan, sebaiknya kain yang digunakan tidak memiliki serat.

Sedangkan untuk membersihkan jari dari kandungan minyak karena menempel pada track pad, bisa memakai alkohol maupun air biasa. Lakukanlah hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika kondisi laptop bersih, maka Anda juga akan lebih nyaman dalam memakainya.

VIRAL :  Cara Install Ulang Laptop Dengan Flashdisk yang Benar

 

  1. Cara Membersihkan Laptop Bagian Dalam

Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar dan Dalam Yang Benar
Sumber gambar: semutimut

Selain bagian perangkat keras laptop, pembersihan sudah seharusnya juga meliputi bagian software. Ketika file sampah maupun file yang sudah tidak dipakai dihapus, maka bisa meningkatkan kinerja laptop. Sebab, sistem tidak akan terganggu dengan banyaknya file yang bisa menghambat kelancaran pemakaian laptop. Singkatnya, agar laptop tidak lemot.

Beberapa file yang bisa dihapus diantaranya yaitu yang terdapat pada recycle bin dan download yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Selain tujuan agar laptop Anda bersih dari file sampah, langkah ini sekaligus merupakan upaya merapikan isi laptop. Dengan demikian, Anda juga akan lebih mudah ketika ingin mencari file maupun folder tertentu.

  1. Menghilangkan Aroma Tak Sedap dari Laptop

Apabila laptop dalam keadaan kotor, maka dapat memicu munculnya bau yang kurang sedap. Aroma tersebut bersumber dari bagian dalam laptop. Hal ini merupakan salah satu masalah yang cukup mengganggu. Namun, Anda tak perlu khawatir jika memahami cara membersihkan laptop.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan arang ataupun pasir yang khusus untuk tempat kotoran kucing. Kedua bahan tersebut diketahui mampu menetralkan bau yang tidak sedap. Caranya cukup mudah, yakni dengan membungkusnya dengan jangka waktu 24-48 jam menggunakan sebuah kantong.

Itulah beberapa cara membersihkan laptop yang bisa Anda lakukan sendiri. Ketika Anda secara rutin membersihkannya, maka laptop Anda akan selalu dalam keadaan bersih. Di samping itu, Anda juga akan lebih nyaman tanpa gangguan kotoran maupun aroma yang tidak sedap

DAFTAR ISI