Cara Membersihkan Layar Laptop yang Aman dan Benar

Layar laptop menjadi salah satu bagian penting yang harus diperhatikan kebersihannya. Pasalnya, tidak jarang ada berbagai kotoran yang menempel pada permukaan komponen laptop yang satu ini. Kotoran tersebut bisa berupa sisa makanan, debu, dan jenis lain yang bisa membuat penampilan layar laptop menjadi tidak menarik.

Lebih parah lagi, jika layar laptop tidak segera dibersihkan, maka lama kelamaan kotoran akan semakin menumpuk. Efek negatifnya akan terasa bagi para pengguna yang sering memakai laptop. Hal ini bisa mengganggu pemakaian laptop sehari-hari.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara membersihkan layar laptop dengan benar agar perangkat Anda tetap terjaga kebersihannya.

Ini Cara Membersihkan Layar Laptop yang Kotor

Ketika layar laptop kotor akibat debu, tentu membuat Anda merasa malas untuk beraktivitas. Terlebih lagi jika sampai terkena jamur, pasti sangat mengganggu bukan? Kalau begitu, segera atasi pembahasan dibawah:

  1. Nonaktifkan Laptop Terlebih dulu

Membersihkan Layar Laptop yang Aman dan Benar
Sumber gambar: evenia blog

Hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum membersihkan layar laptop adalah memastikan perangkatnya telah mati. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan seperti konsleting pada komponen dalam laptop yang masih aktif ketika layarnya dibersihkan.

Selain memastikan laptop sudah mati, cabut juga adaptor untuk charging dan juga baterainya. Hal ini juga befungsi untuk mencegah kerusakan komponen laptop. Selain itu, cara ini juga meminimalisir resiko tersetrum saat membersihkan layar laptop.

  1. Mempersiapkan Alat untuk Membersihkan Layar Laptop

Membersihkan Layar Laptop yang Aman dan Benar
Sumber gambar: Shopee

Setelah memastikan laptop sudah mati, persiapkan alat yang dibutuhkan untuk membersihkan layar laptop. Alat atau perlengkapan yang dibutuhkan bisa berupa kain lembut yang tidak menghasilkan serat agar layar laptop tidak tergores. Akan lebih baik lagi jika menggunakan kain microfiber sebagai alat karena aman digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan lensa termasuk layar laptop.

Jangan menggunakan tisu atau benda lain yang terbuat dari kertas karena bisa membuat layar laptop menjadi tergores. Tentu saja layar laptop yang tergores membuat penampilannya menjadi kurang menarik dan cukup mengganggu saat digunakan.

  1. Mempersiapkan Cairan Sebagai Bahan untuk Membersihkan Layar Laptop

Gunakan cairan khusus pembersih lensa atau minyak kayu putih sebagai bahan untuk membersihkan layar laptop. Usahakan untuk menggunakan cairan khusus pembersih lensa agar hasilnya menjadi maksimal. Anda bisa mendapatkannya di toko elektronik terdekat atau bisa menggunakan minyak kayu putih yang ada di rumah.

Minyak kayu putih menjadi bahan alternatif yang bisa digunakan ketika cairan pembersih laptop tidak tersedia atau sulit untuk didapatkan. Namun, Anda harus berhati-hati, jangan sampai cairan ini membasahi bagian lain, terutama bagian mesin laptop karena bisa menyebabkan kerusakan.

  1. Membersihkan Layar Laptop dengan Hati-Hati

Cara membersihkaln layar laptop yang baik adalah dengan pelan dan hati-hati. Bersihkan dulu debu hanya dengan kain. Setelah itu, teteskan cairan khusus pembersih lensa atau minyak kayu putih ke kain dan usapkan secara lembut ke layar laptop. Jangan sampai menekan layar laptop terlalu keras karena bisa membuatnya menjadi rusak.

Setelah proses pembersihannya selesai, biarkan laptop terbuka dulu. Hal ini dilakukan agar layar laptop kembali mengering setelah dibersihkan. Jangan menyentuh layar laptop secara langsung agar tidak meninggalkan sidik jari.

Berbagai macam cara di atas bisa langsung dipraktikkan bagi para pengguna yang layar laptopnya sudah mulai kotor. Dengan membersihkan layarnya, penggunaan laptop akan terasa jauh lebih baik sehingga produktivitas menjadi meningkat.

Jadi, lakukanlah berbagai macam cara membersihkan layar laptop yang sudah dijelaskan tadi agar terasa lebih nyaman dalam penggunaan sehari-hari.