Cara Membersihkan RAM Laptop Windows 10 Dengan Benar

Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja laptop adalah RAM. Penuhnya kapasitas RAM bisa membuat kinerja laptop menjadi lambat. Untuk itulah sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan RAM laptop dengan benar.

Kapasitas RAM laptop akan kembali normal setelah dibersihkan. Kapasitas RAM laptop yang kembali normal bisa membuat kinerjanya meningkat sehingga produktivitas penggunaan laptop semakin tinggi. Ketahuilah berbagai cara membersihkan RAM laptop dengan benar berikut ini.

Cara Membersihkan RAM Laptop Dari Sampah

Ketika kapasitas RAM penuh, proses pembersihan sudah seharusnya segera dilakukan untuk menjaga kinerja laptop. Anda pasti tidak mau dong jika laptop sampai lelet apalagi ngehang? Maka dari itu, penting melakukan pembersihan secara rutin.

  1. Menggunakan Aplikasi Pembersih RAM dari pihak ketiga

Cara Membersihkan RAM Laptop Windows 10

Terdapat berbagai aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk membersihkan RAM. Pengguna bisa memilih berbagai aplikasi dari pengembang yang terpercaya dan juga memperhatikan ulasan dari user aplikasi sebelumnya. Kedua hal tersebut menjadi penentu aman atau tidaknya aplikasi pembersih RAM ketiga digunakan.

  1. Menambahkan Memori secara Virtual

Untuk menambahkan memori virtual, pengguna bisa memanfaatkan layanan Control Panel.

  • Pilih opsi ‘system’
  • klik opsi ‘advanced system settings’.
  • Setelah itu klik opsi ‘settings’
  • pilih tab ‘advanced’.
  • Terakhir, klik tombol ‘change’.

Di sini, pengguna bisa menambahkan ukuran memori virtual untuk meningkatkan kinerja RAM laptop. Usahakan mengatur nilai ukuran maksimal dan ukuran awal memori virtual menjadi lebih tinggi lagi. Hal ini berguna agar proses pembersihan RAM bisa segera diselesaikan.

 

  1. Cara Membersihkan RAM Laptop via Task Manager

Cara Membersihkan RAM Laptop Windows 10
Sumber gambar : termasmedia

Memanfaatkan Task Manager menjadi salah satu cara membersihkan RAM Laptop yang cukup simpel. Dengan fitur ini, pengguna bisa mematikan aplikasi yang berjalan ataupun beroperasi secara otomatis di latar belakang. Untuk membuka Task Manager, cukup tekan tombol Ctrl + Shift + Esc dalam waktu yang sama.

Jika ingin mengecek aplikasi yang berjalan, langsung saja cek tab ‘Processes’. Di sana akan ada list aplikasi yang berjalan. Silahkan hentikan aplikasi yang tidak perlu dengan memilihnya dan mengklik opsi ‘End task’.

Lakukan hal yang sama untuk aplikasi yang beroperasi otomatis di latar belakang. Langsung saja cek pada tab ‘Startup’ untuk mengecek daftar aplikasi yang beroperasi secara otomatis.

  1. Memasang Antivirus

Virus dan malware terkadang menjadi penyebab mengapa RAM laptop begitu berat. Untuk mengatasinya, gunakan antivirus yang ringan dan terpercaya sehingga aman untuk digunakan.

Perhatikan secara berkala pemakaian antivirus karena biasanya antivirus membutuhkan update. Terkadang antivirus justru membuat kinerja RAM menjadi lebih berat.

  1. Menghapus Program yang tidak begitu dibutuhkan

Cara Membersihkan RAM Laptop Windows 10
Sumber gambar: nesabamedia

Program-program yang terinstall di laptop juga menambah kapasitas RAM karena beroperasi secara otomatis di latar belakang. Hapuslah program yang tidak dibutuhkan agar kinerja RAM kembali normal. Untuk menghapus program pada laptop, bisa menggunakan fitur ‘program and features’ pada Control Panel atau layanan settings.

  1. Melakukan Restart pada Laptop

Cara Membersihkan RAM Laptop Windows 10
Sumber gambar: laptopnesia

Melakukan restart pada laptop menjadi cara yang paling simpel untuk membersihkan RAM. Dengan cara ini, semua memori yang terdapat dalam program akan diatur ulang dan dibersihkan. Jadi, kinerja RAM akan kembali normal setelah laptop direstrat.

Beberapa cara membersihkan RAM laptop yang sudah dijelaskan di atas sebaiknya segera dipraktikan. Cara-cara tersebut menjadi sangat berguna bagi pengguna yang terkadang menemukan kendala error saat memakai laptop. Kendala error ini bisa jadi dikarenakan kapasitas RAM laptop sudah penuh sehingga kinerjanya menurun. Segeralah bersihkan RAM laptop agar kinerjanya kembali normal.