Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Anti Gagal

Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Anti Gagal

Halo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas cara mengatasi laptop lemot anti gagal. cara ini bisa kamu lakukan jika kamu merasa laptop kamu selama ini kurang cepat alias lemot. 

1. Ganti Memori HDD ke SSD

Lemot laptop dapat disebabkan oleh penggunaan hard disk HDD yang memiliki kecepatan data lebih lambat dibandingkan dengan penyimpanan SSD. Oleh karena itu, mengganti penyimpanan HDD ke SSD akan membantu proses booting jauh lebih cepat. Meski harga SSD lebih mahal, namun cara ini dijamin ampuh membuat laptop tidak lemot dan lebih responsif.

2.Gunakan Cooling Pad

Suhu laptop yang panas bisa bikin kinerja laptop menjadi lebih lambat. Maka kamu dapat memakai perangkat cooling pad sebagai kipas tambahan yang bisa menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas. Kamu pula dapat memakai vacuum cooler yang dapat menyedot keluar udara panas di dalam laptop. Keduanya akan sangat membantu untuk menjaga suhu laptop pada saat digunakan.

3. Bersihkan Drive C

Saat laptop udah berusia tua, umumnya di atas 3 tahun, kinerjanya pula pasti akan ikut menurun. Salah satu solusi yang bisa dilakukan saat laptop lemot adalah dengan rutin membersihkan Drive C. Kamu dapat mengecek dan pilih aplikasi-aplikasi yang memberatkan laptop atau aplikasi yang sudah tidak digunakan. Lakukan uninstal supaya dapat meningkatkan kinerja laptop kamu.

4. Lakukan Reset Windows

Reset windows dapat jadi sebuah solusi saat laptop terasa berat dan lambat. Apalagi bila laptop yang kamu pakai adalah laptop yang sudah tua. Laptop yang sudah berumur akan memengaruhi kerja sistem operasi khususnya pada Windows. Sehingga Windows akan sering error dan sebabkan laptop menjadi lemot. Sebelum kamu melakukan reset Windows, pastikan kamu udah melakukan back up terlebih dahulu seluruh data dan file yang ada di laptop kamu.

5. Manfaatkan Disk Defragment Tools

Berikutnya, cara mengatasi laptop lemot dapat diakali dengan manfaatkan tool Disk Defragment yang ada pada control panel. Dengan kamu lakukan tahapan analyze dan optimize, file dan data yang ada di laptop kamu akan ditata sedemikian rupa. Kamu akan tahu berapa banyak file junk yang tersimpan di laptop sehingga membuat kinerja laptop menjadi lambat.

6. Menggunakan Thermal Paste pada Prosesor

Suhu laptop yang panas dapat jadi salah satu penyebab laptop terasa lemot. Kamu dapat memakai thermal paste untuk memastikan suhu laptop lebih terjaga saat pemakaian. Thermal paste akan bantu dinginkan suhu pada prosesor laptop kamu sehingga mencegah kinerja laptop menjadi lemot.