Cara Membersihkan Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

Dalam pemakaian laptop, terkadang beberapa pengguna mengeluhkan kinerjanya yang menurun. Kinerja laptop yang menurun disebabkan berbagai hal. Salah satunya adalah karena banyaknya file sampah yang menumpuk di laptop. Jenis file ini bisa menurunkan performa laptop. Oleh karena ituUntuk mengatasinya, pengguna harus mengetahui cara membersihkan sampah di laptop agar performanya tetap stabil.

Membersihkan file sampah di laptop menjadi sangat penting. Jika jenis file ini dibersihkan, Performa laptop akan stabil dan meningkat.

Cara Membersihkan Sampah di Laptop Windows 10

Perhatikan berbagai cara membersihkan sampah di laptop berikut ini dengan baik. Dengan begitu, salah satu cara yang dianggap paling baik dapat dipilih agar sampah di laptop cepat terhapus.

 

  1. Memanfaatkan Software Pihak Ketiga

Saat ini, membersihkan sampah di laptop bisa memanfaatkan bantuan dari software pihak ketiga. Ada beberapa software pihak ketiga yang bisa membantu pengguna membersihkan sampah di laptop. Tiap-tiap software memiliki keunggulan tersendiri baik berupa tampilan maupun fiturnya. Pengguna bebas memilih software mana yang akan digunakan.

Walaupun pemilihannya bebas, perhatikan mengenai kualitas software pihak ketiga. Pastikan pengembang atau developernya terpercaya. Selain itu, perhatikan juga tanggapan pengguna yang telah memakai software pihak ketiga.

Langkah ini berguna untuk memastikan keamanan dari software yang digunakan agar tidak terjadi masalah dalam pemakaiannya.

 

  1. Cara Membersihkan Sampah Laptop Dengan Run

Salah satu cara membersihkan sampah di laptop adalah memanfaatkan fitur bawaan yang ada di dalamnya. Fitur ini adalah Run yang berfungsi menghapus file sampah dalam laptop secara manual. Cara menggunakan fitur Run ini cukup mudah untuk dipraktikkan secara langsung.

Pertama, buka fitur Run dengan menekan tombol ‘Windows’ dan R secara bersamaan. Selanjutnya akan muncul tampilan fitur Run. Pada opsi open, ketik ‘temp’ (tanda petik tidak diketik) dan klik tombol ok. Setelah tombol ok diklik, tampilan file temporary yang berada dalam explorer akan muncul. Hapus semua file temporary yang ada di tampilan explorer.

Setelah itu, hapus lagi file temporary tersebut di Recycle Bin. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa file temporary tersebut benar-benar terhapus dari laptop.

Dengan demikian, RAM laptop akan beroperasi dengan normal kembali karena file temporary sudah terhapus secara permanen. Lakukan cara ini secara berkala agar file temporary yang muncul bisa segera dihapus.

 

  1. Memanfaatkan Software Bawaan dari Laptop

Di dalam laptop sendiri ada software bawaan yang berfungsi untuk membersihkan file sampah. Software tersebut adalah Disk Cleanup. Caranya juga cukup mudah.

Bukalah Disk Clean up dari start menu atau melalui fitur pencarian. Setelah terbuka, akan ada pilihan beberapa opsi drive yang akan dibersihkan. Pilih opsi ‘drive c’ dan tunggu proses scanningnya berjalan sampai selesai.

 

  • Pilihlah file yang akan dihapus dengan memberi centang. File sampah di laptop otomatis akan terhapus.
  • Berilah centang pada berbagai opsi yang ingin dihapus untuk meningkatkan kinerja RAM.
  • Setelah itu, akan muncul notifikasi ‘Are you sure you want permanently delete these files?’
  • dan langsung pilih opsi ‘delete files’. Semua file sampah yang ada di laptop akan terhapus.

Gunakan cara ini secara berkala agar kapasitas RAM laptop kembali normal sehingga pengoperasiannya berjalan dengan lancar.

Ketiga cara di atas merupakan berbagai opsi untuk membersihkan sampah yang ada di laptop. Tiap-tiap cara memiliki kemudahan dan keunggulan tersendiri. Untuk pemilihan cara membersihkan sampah di laptop yang paling mudah tergantung pada pengguna. Berbagai cara di atas bisa dipilih sesuai dengan keinginan pengguna agar sampah di laptop bisa dibersihkan.

Tinggalkan komentar