Cara Membuat Website di Laptop Anti Ribet Menggunakan WordPress

Saat ini, memiliki website merupakan hal yang wajib bagi seseorang yang memiliki bisnis atau usaha. Apalagi jika kamu adalah seorang pebisnis yang kerap berjualan online. Selain itu, website juga penting bagi kamu yang menyukai dunia internet untuk berbagai cerita perjalanan wisata ataupun cerita keseharian. Nah, untuk memiliki dan mengelola website sendiri kamu bisa mengikuti beberapa cara membuat website di laptop berikut.

 

Cara Membuat Website di Laptop Berbasis WorPress

Langkah-langkah membuat website di laptop menggunakan WordPress di bawah ini sangat mudah untuk diaplikasikan. Apa saja langkah dan caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Registrasi di WordPress

Cara Membuat Website di Laptop Anti Ribet Menggunakan WordPress
Sumber gambar: kompas

Langkah pertama cara membuat website di laptop menggunakan WordPress adalah akses www.WordPress.com dari jendela pencarian kamu. Maka akan muncul tampilan layar WordPress gratis yang bisa kamu gunakan.

Adapun langkah registrasi WordPress dapat dilakukan dengan cara-cara seperti berikut:

  • Ketikkan alamat situs baru sesuai keinginan kamu pada kolom “buat situs web”. Alamat ini ke depannya akan menjadi alamat website kamu.
  • Kemudian, kamu wajib mengisi form pendaftaran. Form pendaftaran ini terdiri dari data-data pribadi website seperti username, passwod, email aktif pengguna dan beberapa data diri pengguna lainnya.
  • Pastikan kamu menggunakan email yang aktif serta password yang unik demi menjaga keamanan website kamu kedepannya.

 

  1. Memilih Username

Cara Membuat Website di Laptop Anti Ribet Menggunakan WordPress
Sumber gambar: sharing teknologi

Kedua, kamu dapat memilih username kamu sendiri. Pilih nama pengguna yang sesuai dengan keinginan kamu. Tetapi jauh lebih disarankan untuk menggunakan username yang mudah diingat untuk mempermudah proses Log In ke dapannya.

Karena WordPress merupakan salah satu platfrom website yang memiliki fitur tidak berbayar, maka kamu harus menyesuaikan nama username kamu dengan user lainnya. Apabila username yang kamu pilih terdeteksi “merah” itu artinya username kamu ditolak lantaran telah digunakan oleh user lainnya. Solusinya, kamu dapat mengganti username hingga berwarna “hijau” (disetujui).

  1. Membuat Blog

Cara Membuat Website di Laptop Anti Ribet Menggunakan WordPress
Sumber gambar: panduanit

Kamu juga perlu menentukan nama blog untuk membuat blog. Pemilihan nama blog ini bisa kamu lakukan sesuai dengan keinginan kamu. Tentunya kamu juga harus memastikan bahwa nama blog yang kamu pakai belum digunakan oleh user manapun.

Jika nama blog telah sesuai, kamu dapat klik “buat blog” pada bagian tombol di paling bawah. Pastikan kamu mengklik pada bagian yang tanpa berbayar. Namun, jika kamu ingin mendapatkan WordPress dengan versi premium kamu bisa mengklik “buat blog” pada bagian berbayar.

  1. Atur Tampilan

Cara membuat website di laptop selanjutnya adalah mengatur tampilan website. Kamu dapat menemukan pengaturan ini pada bagian “setting”. Tentunya, kamu bebas memasukkan judul website, slogan, hingga bahasa dalam pengaturan ini.

Terlebih, kamu juga dapat memilih tema secara bebas sesuai dengan keinginan. Kamu bisa menghubungkan website dengan jejaring sosial yang kamu miliki untuk semakin menarik perhatian.

  1. Aktivasi Email

Terakhir, jika pengaturan telah sesuai kamu harus mengaktivasi email dari website. Aktivasi email ini dapat dilakukan dengan cara:

  • Pilih verifikasi email pada WordPress.
  • Kirimkan kode dan link verifikasi pada email aktif yang kamu gunakan untuk mendaftar.
  • Buka email kamu kemudian klik “konfirmasi alamat email” pada perintah email yang masuk dari WordPress.
  • Kembali ke WordPress dan website kamu pun siap mengudara.

Itulah cara membuat website di laptop menggunakan WordPress anti ribet yang bisa kamu coba ikuti. Tentunya cara-cara di atas tidak memerlukan bahasa pemrograman yang membuat pusing kepala. Apakah tertarik mencoba langkah-langkah di atas?

Tinggalkan komentar