Laptop Untuk Anak Sekolah
Sumber gambar: klik&klik

Cara Memilih Laptop Untuk Anak Sekolah Yang Tepat

Laptop memang masuk dalam kategori keperluan sekunder bahkan tersier bagi sebagian orang. Namun, lain halnya bagi anak-anak yang bersekolah. Laptop telah banyak mengambil peran penting dalam proses pembelajaran, seperti dalam pengerjaan tugas hingga sekolah online. Oleh karenanya, sebagai orang tua wajib mengetahui cara memilih laptop untuk anak sekolah.

Lalu bagaimanakah cara memilih laptop yang sesuai? Nah, berikut ini akan dipaparkan tips dan cara memilihkan laptop yang tepat bagi anak yang bersekolah. Simak paparannya di bawah ini.

 

Tips Akurat Cara Memilih Laptop untuk Anak Sekolah

  1. Membeli Laptop Berdasarkan Budget

Membeli Laptop Berdasarkan Budget
Sumber gambar: i kurniawan

Cara memilih laptop untuk anak sekolah yang pertama harus dipertimbangkan adalah segi anggaran atau budgeting. Meskipun menjadi kebutuhan anak dalam bersekolah, Ayah dan Bunda tak harus memaksakan untuk membeli laptop dengan budget yang selangit. Apalagi jika budget tersebut terlalu memaksakan keuangan bulanan.

Sebaliknya, budget pembelian laptop sebaiknya ditentukan terlebih dahulu di awal sebelum pembelian. Dengan demikian, proses pencarian laptop akan lebih mudah lantaran kamu telah memiliki acuan budget dalam pembelian.

  1. Memilih Laptop Berdasarkan Kenyamanan dan Keamanan

Membeli Laptop Berdasarkan Budget
Sumber gambar: Bukalapak

Selanjutnya, memperhatikan kenyamanan dan keamanan anak juga harus menjadi prioritas orang tua. Kenyamanan dan Keamanan anak dalam menggunakan laptop ini salah satunya bisa dinilai dari segi ukuran laptop yang dipakai.

Kamu harus pandai-pandai menilai ukuran laptop yang sesuai untuk anak sekolah. Jangan sampai ukuran laptop yang  dibeli ternyata lebih besar dari pada si anak. Ataupun sebaliknya, membeli laptop dengan layar yang terlalu kecil tentunya juga kurang bagus bagi penglihatan anak.

Terlebih, jangan sampai memilih laptop dengan tampilan desain yang berat dan tebal. Hal ini akan membuat anak kesulitan dalam membawa dan menjaga laptop saat bersekolah. Oleh karenanya, lebih baik menjatuhkan pilihan pada laptop dengan desain yang sederhana dan memiliki ketebalan yang tipis.

  1. Cara Memilih Laptop Berdasarkan Kapasitas

Membeli Laptop Berdasarkan Budget
Sumber gambar: datekno

Cara memilih laptop untuk anak sekolah yang selanjutnya adalah wajib memperhatikan kapasitas penyimpanan laptop. Lebih lanjut, penting bagi orang tua untuk mengetahui ukuran RAM (Random Access Memory) serta CPU (Central Processing Unit) yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Tak perlu memaksakan membeli laptop dengan ukuran RAM dan CPU yang tinggi. Lantaran RAM dengan ukuran 2 hingga 4 GB (Giga Bytes) sudah cukup apabila digunakan untuk laptop dengan pengolahan data-data sederhana, seperti tugas-tugas dan pekerjaan sekolah.

Ukuran RAM tersebut tentunya juga cukup memadahi untuk mendukung pembelajaran online. Untuk mengetahui kapasitas laptop, kamu bisa mencari referensi terlebih dahulu laptop mana yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan anak.

  1. Memilih Laptop Berdasarkan Garansi

Membeli Laptop Berdasarkan Budget
Sumber gambar: service laptop jogja

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah pastikan memilih laptop baru yang  memiliki masa garansi. Berbeda dengan orang dewasa, anak cenderung memperlakukan laptop hampir seperti buku-buku pelajaran pada umumnya.

Asumsikan laptop akan secara tidak sengaja terjatuh ataupun memiliki sistem yang rusak sehingga mengharuskan kamu melakukan perbaikan. Tentunya, hal ini dapat diatasi dengan mudah apabila memiliki garansi resmi dari pabrik penyedia laptop.

Sehingga pemberi garansi akan memperbaiki laptop dan melakukan servis laptop secara gratis dan bertanggung jawab.

 

Itulah ke-empat tips dan cara memilih laptop untuk anak sekolah. Bagi orang tua, memberikan laptop yang baik dan pantas untuk mendukung kegiatan belajar tentunya tak boleh asal-asalan. Semoga tips di atas dapat membantu. Sehingga, Anak semakin giat belajar dan semakin mudah mendapatkan prestasi.