5 Trik Rahasia Untuk Mengatasi Video WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada kali ini mimin akan coba mengulas salah satu trik rahasia yang mimin punya khusus untuk kamu pengguna WhatsApp yang sedang mengalami masalah pada aplikasi tersebut salah satunya adalah sering kali pengguna mengalami masalah video WhatsApp yang tidak bisa dibuka.

Akan tetapi saat ini kamu tak usah terlalu khawatir karena pada artikel kali ini mimin akan merangkum trik rahasia untuk mengatasi video whatsApp tidak bisa dibuka. yuk langsung saja kita ulas berikut ini.

1. Cek koneksi internet

Video WhatsApp yang gagal diputar biasanya sering disebabkan oleh koneksi internet yang tak stabil atau sedang lemot. Bila koneksi buruk, umumnya thumbnail video akan berwarna hitam.

Untuk atasi masalah tersebut, kamu tinggal periksa ulang koneksi internet di ponsel Anda. Bila memakai kuota data, cek kembali kuota internet masih tersedia atau sudah habis. Sedangkan jika menggunakan WiFi, Anda bisa me-reset modem. Tunggu sampai koneksi internet kembali stabil, kemudian coba kembali mengunduh dan memutar video WhasApp.

2. Update aplikasi WhatsApp

Sebagaimana aplikasi pada umumnya, WhatsApp juga telah melakukan update secara berkala untuk perbaiki bug dan menambah fitur. Supaya enggak mengalami kendala saat menggunakan WhatsApp, pengguna disarankan untuk update atau melakukan pembaruan aplikasi WA.

Periksa aplikasi WhatsApp di smartphone kamu, bila terdapat sebuah permintaan pembaruan, maka segera update ke versi teranyarnya. Setelah itu, kamu dapat operasikan kembali seperti biasa dan membuka video di WhatsApp. Akan tetapi, bila tak ada permintaan update, itu artinya penyebab dapat disebabkan masalah lain.

3. Pastikan kapasitas memori tidak penuh

Ruang penyimpanan atau kapasitas memori internal hp yang penuh pula bisa menyebabkan video di WhatsApp tak dapat diunduh dan dibuka. Itu karena, konten multimedia seperti gambar, suara, dan video memproduksi sejumlah data yang akan tersimpan ke dalam memori internal. Internal storage hp yang udah penuh otomatis akan membuat file baru tidak dapat tersimpan. Bila demikian, kamu harus hapus berkas media yang tidak digunakan, seperti aplikasi, dokumen, foto, dan video yang tidak diperlukan.

4. Hapus cache WhatsApp

Hapus cache mempunyai tujuan untuk menghapus bug dan crash di WhatsApp sehingga kinerja aplikasi menjadi ringan. Aplikasi yang tadinya error bisa berfungsi normal. Namun, sebelum mencoba cara hapus cacha WA ini pastikan kamu untuk lakukan back up data atau pencadangan sebagai antisipasi semua data yang hilang karena sistem aplikasi akan memulai ulang dari awal.

  • Kamu tinggal buka menu Pengaturan di Hp kamu.
  • Lalu pilih opsi Aplikasi atau App management, lalu pilih daftar aplikasi
  • Cari aplikasi WhatsApp, lalu klik
  • Selanjutnya, buka Penyimpanan atau Storage usage
  • Klik Clear data dan Clear cache
  • Kemudian, coba restart Hp Anda dan buka aplikasi WhatsApp lalu login kembali seperti biasa.

Cara ini dapat kamu lakukan bila pada sebelumnya kamu enggak berhasil menyelesaikan masalah tidak bisa memutar dan membuka video di WhatsApp.

5. Instal ulang WhatsApp

Menginstal ulang aplikasi WhatsApp juga dapat jadi sebuah solusi untuk mengatasi beragam masalah error termasu memperbaiki video WhatsApp yang tidak bisa dibuka. Sama seperti sebelumnya, bila terdapat data penting di WhatsApp Anda disarankan mencadangkan data sebelum melakukan reinstall. Caranya, kamu tinggal hapus atau uninstall aplikasi WhatsApp yang terdapat. Berikutnya, buka Playstore dan unduh kembali WhatsApp.