Cara Mudah Kembalikan Kontak WhatsApp yang Tiba-tiba Hilang

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. Kali ini mimin akan memberikan sebuah ulasan mengenai salah satu masalah yang sering terjadi pada aplikasi whatsapp yaitu kontak yang hilang secara tiba tiba. Tentunya jika menurut kamu kontak yang hilang adalah kontak penting seperti kontak pacar atau dosen kamu. Yuk ikuti cara ini untuk mengembalikan kontak tersebut.

Cara Mudah Kembalikan Kontak WhatsApp yang Tiba-tiba Hilang

Clear Cache

* Pilih ke menu “Setting” di ponsel

* Pilih “Application” dan ketuk aplikasi “WhatsApp”

* Pilih “Apps Info” dan pilih “Force Stop”

* Setelah itu, klik menu “Clear Cache”

* Terakhir, restart ponsel dan cek kembali aplikasi WhatsApp

Apabila kontak di WhatsApp tiba-tiba hilang, kemungkinan karena pengaturan kontak di WhatsApp yang kurang tepat. Dengan begitu, kamu disankan untuk memastikan supaya pengaturannya memunculkan seluruh daftar kontak rekan yang memakai WhatsApp. Berikut tipsnya;

– Masuk aplikasi WhatsApp

– Klik ikon titik tiga di kanan atas dan pilih menu “Settings”

– Pilih menu “Contacts”

– Cek list pada bagian “Show all contacts”

Singkronkan kontak dengan akun gmail

Ada cara lain untuk kembalikan kontak WhatsApp yang hilang yaitu dengan hubungan kontak di ponsel agar terhubung dengan Gmail masing-masing pengguna. Berikut caranya;

– Masuk ke menu “Setting” di ponsel Anda

– Kemudian, pilih menu “Contact to display”

– Cek list pada pilihan “Gmail”

– Jika sudah, cobalah refresh kembali kontak di WhatsApp Anda

Aktifkan menu perizinan aplikasi

Umumnya beberapa pengguna ada yang belum mengaktifkan menu perizinan (permission) di aplikasi WhatsApp. Hal itu dapat jadi salah satu alasan mengapa kontak WhatsApp tiba-tiba hilang. Berikut cara untuk mengatur perizinan aplikasi;

– Masuk ke menu “Setting” di ponsel

– Pilih menu “Application” dan klik aplikasi “WhatsApp”

– Buka menu “Permission” dan cek list pada bagian “Contacts”.

Cara terakhir yang bisa dijadikan pilihan jika kontak WhatsApp hilang usai mencoba cara-cara di atas yaitu sebagai berikut:

– Hapus aplikasi WhatsApp Anda secara permanen

– Install kembali Aplikasi WhatsApp di Play Store maupun App Store

– Masuk ke akun WhatsApp Anda

– Coba cek kembali daftar kontak WhatsApp kamu

Lewat halaman resmi WhatsApp, pihaknya menjelaskan informasi kontak secara aktif didapat dari buku alamat telepon. Aplikasi akan secara otomatis mendeteksi kontak yang merupakan pengguna WhatsApp dan tambahin ke daftar kontak.

Dengan kata lain kamu seharusnya enggak perlu menambahkan kontak baru, terkecual kontak itu benar-benar baru atau tak ada di buku telepon ponsel kamu. Terdapat banyak penyebab terkait hal ini selain faktor ketidaksengajaan, misalnya, “kepencet” tombol delete. Faktor lainnya seperti terkait cache atau perubahan permisi akses aplikasi.\

Cara cegah supaya kontak tidak hilang

Untuk pencegahan bisa dilakukan dengan mencadangkan kontak buku telepon secara berkala dan memulihkannya saat diperlukan. Ponsel Android punya fiturnya dan dapat dicadangkan ke Google Drive.

Saat kontak berhasil dipulihkan, WhatsApp akan secara otomatis memindai kontak di buku telepon dan menambahkan ke kontak WA bila ada yang baru. Dilansir dari Businessinsider, berikut cara mencadangkan kontak untuk ponsel Android:

– Buka “Settings”

– Ketuk “System”

– Pilih “Backup”

– Jika tak menjumpai menu itu, bisa jadi bernama “Backup and reset”

– Aktifkan menu “Backup to Google Drive”

– Selesai

Pengguna WhatsApp disarankan untuk mencadangkan file ke Google Drive lantaran data kontak akan tetap dapat dipulihkan bila terjadi kehilangan ponsel.

Apabila kontak hanya disimpan pada penyimpanan lokal dan perangkat hilang, file pencadangan kontak pun juga akan hilang. Memulihkan kontak yang hilang hanya dapat dilakukan jika pengguna pernah membuat salinan daftar kontak dengan menggunakan fitur telepon.

Saat kontak hilang cukup dipulihkan, dan WhatsApp akan secara otomatis melakukan sinkronisasi kontaknya yang dimutakhirkan dari kontak buku telepon.

Tinggalkan komentar