Tahukah Kamu, Mengapa Panda Berwarna Hitam putih?

Jika berbicara mengenai panda, siapa sih yang gak tau, admin yakin deh semua orang pasti tau dengan hewan lucu yang kabarnya berasal china tersebut. Bentuknya yang besar serta tingkah polosnya membuat panda disukai banyak orang, terutama para kaum wanita yang tentu saja menyukai hewan pemakan bambu ini.

Terlepas dari tingkah polosnya yang menjadi nilai lebih para penggemarnya, panda hanya mempunyai dua warna ditubuhnya yaitu hitam dan putih. Lalu tahukah kamu asal usul warna panda tersebut? Apakah kamu pernah berpikir kenapa panda berwarna hitam dan putih? Untuk selengkapnya kita ulah dibawah yuk.

ilmuwan University of California, Davis, dan California State University Long Beach bekerja sama membuat penelitiannya pewarnaan pada tubuh panda. Panda ternyats mempunyai warna unik yang berbeda dari hewan lainnya karena pewarnaan hitam hanya terjadi di bagian tubuh tertentu.

Davis dan timnya membandingkan setiap daerah berbeda dari warna hitam-putih panda dengan pewarnaan 39 spesies beruang lainnya. Panda juga dibandingkan dengan 195 spesies karnivora dengan memerhatikan habitat khusus mereka. Para peneliti meneliti ribuan gambar, mempelajari setidaknya 20 warna di lebih dari 10 area tubuh.

Dilihat dengan cara ini, tampaknya coreng panda memungkinkan dia hidup di dua lingkungan yang berbeda dalam daerah-daerah di pegunungan China yang mereka sebut rumah sekaligus memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan teman dan musuh. Tidak seperti sepupu mereka yang lebih karnivora, panda sangat bergantung pada diet vegetarian rebung, yang meskipun berlimpah dalam habitat mereka, tidak mudah untuk dicerna.

Oleh karena itu, panda tidak banyak bergerak untuk menyimpan lemak. Sayangnya meski mereka tampak gemuk, panda sebenarnya tidak bisa menyimpan lemak yang cukup untuk hibernasi musim dingin. Mereka pun harus tetap aktif di musim dingin untuk mencari makanan demi memenuhi asupan energi.

Memiliki perut dan kepala putih membantu mereka berbaur dengan latar belakang es tanpa diganggu oleh macan tutul salju atau serigala yang mungkin melihat mereka sebagai makan siang. ‘Kaus kaki’ dan lengan gelap, di sisi lain, membantu mereka bersembunyi di bayang-bayang rumpun bambu tropis selama bulan-bulan hangat.

Mata panda yang seolah berjiwa diduga berguna untuk membantu hewan ini berkomunikasi dengan satu sama lain, atau mungkin berfungsi sebagai cara untuk sinyal agresi ke pesaing. Sementara itu telinga mereka bisa memberi peringatan marah pada predator.

Tinggalkan komentar