Jangan Simpan Aplikasi Android ini Jika Tak Mau Data & Uangmu Dikuras

Seiring perkembangan teknologi saat ini banyak aplikasi android yang banyak beredar. para development juga mempunyai usaha untuk membuat produk produk mereka sedemikian rupa. Akan tetapi, meskipun begitu ternyata terdapat delapan aplikasi yang ditemukan bisa merampok data hingga uang tanpa disadari para korbannya. Peringatan itu dikeluarkan oleh Kepolisian Belgia beberapa waktu lalu.

Kabarnya Aparat menemukan seluruh aplikasi yang telah terinfeksi oleh virus jahat bernama Joker. “Program jahat tersebut telah terdeteksi pada delapan aplikasi di Play Store yang telah ditekan oleh Google,” ujar Kepolisian Belgia seperti dikutip dari Times of India. “Kamu akan terkejut melihat tagihan pada rekening bank atau kartu kredit di akhir bulan,” jelas kepolisian Belgia.

Virus Joker ini pertama kali ditemukan pada tahun 2017 dan menginfeksi ribuan aplikasi di Play Store. Kabarnya google pula telah tahu masalah ini dan menghapus aplikasi tersebut dari toko aplikasinya. Akan tetapi ancaman masih mengintai untuk mereka yang menginstall aplikasi itu dalam smartphonenya. Bagi pengguna yang masih memiliki diimbau untuk langsung menghapus.

Berikut daftarnya:

1. Auxiliary Message

2. Element Scanner

3. Fast Magic SMS

4. Free CamScanner

5. Go Messages

6. Super Message

7. Super SMS

8. Travel Wallpapers

Virus Joker merupakan salah satu virus atau malware yang ditemukan di Play Store dan ada di ribuan aplikasi Android. Malware itu pertama kali ditemukan pada tahun 2017 lalu. Peneliti dari Quick Heal pula temukan bila virus Joker tak cuma mencuri uang korban. Akan tetapi pula akan mencuri data para pengguna mulai dari SMS, daftar kontak, informasi perangkat, sampai one time password.