Cara Membuat PDF di Laptop Tanpa Menggunakan Aplikasi Khusus

Cara Membuat PDF di Laptop Tanpa Menggunakan Aplikasi Khusus

Cara membuat pdf di laptop dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, baik secara online maupun offline. Aplikasi yang digunakan pun sangat bervariasi, bahkan pdf juga bisa dibuat tanpa menggunakan aplikasi khusus.

Software di laptop yang paling banyak digunakan untuk  menghasilkan sebuah file yaitu Microsoft Office Word. Dengan aplikasi tersebutlah pdf bisa dibuat. Akan tetapi, laptop juga harus memiliki software yang bisa digunakan untuk membuka file pdf, seperti Adobe Acrobat Reader.

Berbagai Cara Membuat PDF di Laptop Dengan Mudah 

  1. Pastikan Laptop Mempunyai Aplikasi Pembaca File PDF

Laptop Mempunyai Aplikasi Pembaca File PDF
Sumber gambar: harapan rakyat online

Langkah ini perlu dilakukan oleh Anda yang masih menggunakan keluaran Microsoft Office di bawah tahun 2010. Sehingga cara membuat pdf di laptop dimulai dengan memasang add-in terlebih dahulu. Untuk mendapatkannya bisa mendownload pada situs resmi milik Microsoft.

Untuk melakukan pengunduhan, caranya cukup mudah, yakni hanya dengan mengklik pilihan download yang ada pada situs tersebut, kemudian pilihlah “save as pdf”. Selanjutnya di layar laptop akan ada sebuah tampilan, lanjutkan saja dengan mengklik pilihan “no thanks and continues”. Setelah itu, proses pengunduhan akan dimulai. Tunggulah hingga proses ini selesai.

Ketika proses pengunduhan sudah selesai, maka mulailah proses penginstallan file tersebut pada laptop. Langkah yang harus dilakukan yakni dengan memilih file “SaveAsPDF.exe” kemudian mengkliknya dua kali dan klik Yes. Ikuti saja instruksi penginstalan hingga sampai di langkah terakhir. Setelah proses tersebut selesai, maka add-in sudah terpasang di laptop Anda.

  1. Buka Aplikasi Microsoft Office Word

Buka Aplikasi Microsoft Office Word
Sumber gambar: Kompasiana

Setelah Anda melakukan penginstalan add-in, maka kini sudah bisa melakukan pembuatan file pdf hanya dengan menggunakan software Microsoft Office Word. Cara membuat pdf di laptop dilakukan dengan cara mengklik icon office yang ada pada sisi kiri atas layar laptop. Kemudian pilihlah save as, dilanjutkan dengan memilih tipe file PDF.

Akan tetapi, jika file yang ingin Anda jadikan berbentuk gambar, maka perlu dilakukan beberapa langkah sebelum melakukan proses penyimpanan file. Mula-mula salin file gambar dan letakkan di file Microsoft Office Word. Kemudian sesuaikan ukuran gambar dengan file. Jika gambar perlu dipotong, maka rapikan dengan menggunakan fungsi dari crop.

Supaya gambar tampak rapi dan berada pada posisi tengah, maka Anda perlu melakukan penyesuaian layout. Ubah posisinya menjadi middle center. Ketika dirasa bahwa posisi gambar tersebut sudah pas, maka dapat dilanjutkan dengan melakukan penyimpanan file dengan cara pilih export, lalu pilih create pdf/xps untuk menghasilkan file dengan format PDF.

  1. Membuat File PDF

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yakni memberikan nama pada file PDF yang akan disimpan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Pilih folder yang akan digunakan sebagai lokasi penyimpanan file tersebut. Lalu, klik tombol publish pada bagian bawah jendela Save As. Di sinilah proses pembuatan file dengan format PDF dimulai.

Setelah proses pembuatan file selesai, Anda bisa memeriksa hasilnya dengan membuka file dengan format PDF tersebut. Perlu Anda pahami, di sini sebenarnya Anda bisa mengatur setting pembuatan file PDF, yakni ingin secara otomatis membuka file yang baru saja dibuat atau tidak.

Cara membuat pdf di laptop pada berbagai versi Microsoft Office Word dari tahun ke tahun sebenarnya tidak begitu berbeda jauh. Sebab inti utama pada pembuatan file PDF yakni dengan menggunakan menu save as, dilanjutkan dengan memilih tipe dokumen menjadi PDF.