Tips & Trik Lindungi Data Penting dari Resiko Kebocoran

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. Kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan info menarik seputar dunia teknologi. Dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas trik dan tips lindungi data penting dari resiko kebocoran data.

Baru baru ini perusahaan keamanan global Kaspersky telah memberikan 7 tips untuk menyimpan dengan aman informasi yang sensitif dan penting supaya terlindungi dari risiko kebocoran data.

Enkripsi bisa melindungi data bila perangkat jatuh ke tangan yang salah. Di Windows, alat FDE disebut BitLocker, sementara di macOS mempunyai nama FileVault. FDE telah diaktifkan secara default di sebagian besar ponsel iOS dan Android. Jangan nonaktifkan kecuali memang benar-benar diperlukan.

Tips kedua yaitu dengan membatasi akses data penting cuma di kantor. Umumnya, jatuhnya data penting ke tangan yang salah yaitu lewat kehilangan atau pencurian dari media fisik seperti hard disk eksternal atau flash drive.

Idealnya, data ini enggak boleh dibawa meninggalkan kantor. Bahkan, bila kudu menyalin ke media eksternal, kamu kudu mengenkripsi data terlebih dahulu. Banyak solusi keamanan untuk usaha kecil dan menengah yang mendukung penyimpanan terenkripsi dalam bentuk wadah kripto (cryptocontainer).

Tips berikutnya adalah jangan mentransfer data yang tidak terenkripsi melalui internet. Terkadang kamu kudu kirim data penting secara online melalui email atau layanan berbagi file. Kaspersky sangat sarankan untuk menghindari hal itu. Akan tetapi, jika memang benar-benar kudu mengirimkan file tersebut, seenggaknya enkripsi terlebih dahulu, bila terjadi intersepsi.

Cara termudah yaitu dengan bikin arsip yang dilindungi kata sandi. Hampir semua utilitas arsip mempunyai opsi ini. Setelah informasi terenkripsi, kirim kata sandi kepada penerima melalui saluran yang berbeda, contohnya, informasi dilampirkan ke email, namun kata sandi dikirim lewat aplikasi perpesanan yang mendukung enkripsi end-to-end.

Tips selanjutnya yaitu dengan hapus data sensitif yang tidak lagi diperlukan. Hapus data penting yang udah enggak diperlukan lalu kosongkan Recycle Bin agar data enggak bisa dipulihkan dengan sekali klik. Untuk data apa pula yang bahkan tidak begitu sensitif, pakai utilitas penghancur file untuk mencegah pemulihan.

Berikutnya enkripsi cadangan. Kaspersky katakan cadangan data sangat penting, meskipun pula bisa jadi sumber kebocoran. Untuk itu, sebelum membuat cadangan data rahasia, kamu harus menempatkannya di wadah kripto.