Tak Ada yang Tahu! Inilah Fitur Canggih Whatsapp yang Baru Dirilis

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan singkat yang sangat populer beberapa tahun ini, Bahkan aplikasi yang memiliki markas besar di California, Amerika Serikat ini telah sukses membuat blackberry messenger gulung setelah beberapa lama mendominasi pasar aplikasi singkat di dunia.

Dengan kesuksesan tersebut WhatsApp terus melakukan suatu aplikasi bagi para pengguna dan kali ini whatsapp dikabarkan telah merilis fitur terbaru mereka yang masih belum banyak pengguna yang tahu fitur tersebut adalah Disappearing Messages (hapus pesan otomatis) secara default dan tambahan durasi pesan menghilang.

Khusus untuk pesan menghilang secara default, maka chat yang dikirimkan akan hilang sesuai dengan durasi di pilih. WhatsApp pula menambahkan opsi baru membuatnya di grup. WhatsApp pula telah menjelaskan fitur ini bersifat opsional. Bukan cuma itu. Enggak akan mengubah apapun dalam ruang chat yang udah ada sebelumnya.

“Pengguna WhatsApp akan mempunyai sebuah opsi mengaktifkan disappearing messages secara default untuk semua chat. Saat aktifkan fitur ini, seluruh chat kamu atau orang lain akan diatur untuk menghilang selama durasi yang dipilih,” tulis WhatsApp.

“Dan kami telah tambahkan opsi baru saat membuat chat group yang memungkinkan kamu untuk mengaktifkannya untuk grup yang dibuat. Fitur ini dibikin opsional dan tidak ubah atau menghapus chat yang sudah ada”.

WhatsApp menambahkan bila mengaktifkan fitur tersebut, maka akan terdapat sebuah pemberitahuan soal hal tersebut di chat untuk lawan bicara mengetahuinya. “Ini memperjelas bila bukan masalah pribadi, ini merupakan sebuah pilihan yang dibuat mengenai cara kamu mau untuk berkomunikasi dengan semua orang di WhatsApp ke depannya,” kata perusahaan.

Selain fitur default, WhatsApp pula telah mengumumkan untuk menambah dua durasi baru pada Disappearing Messages. Selain opsi 7 hari, saat ini ada 24 jam dan 90 hari. Menurut WhatsApp datangnya fitur tersebut akan definisikan arti layanan pesan pribadi di hari ini. Buka cuma itu. Bikin anak perusahaan Meta itu jadi lebih dekat dengan aktivitas percakapan pribadi.

Dalam laman FAQ WhatsApp, perusahaan itu telah menulis cara untuk mengaktifkan fitur disappearing messages secara default untuk chat individual. Cara untuk pengguna Android dan iPhone, yaitu untuk membuka Pengaturan/Setelah WhatsApp > klik Akun > Privasi > Timer pesan default, lalu pilih durasi. Jika opsi ini tak tersedia pada smartphone kamu kudu mengupdate WhatsApp ke versi terbaru.