Keren Abis! Facebook Akan Rilis Fitur Penghasil Uang Untuk Admin Grup

Keren Abis! Facebook Akan Rilis Fitur Penghasil Uang Untuk Admin Grup

Hallo sobat teknohits mengetahui kamu berada. Kali ini mimin akan memberikan info menarik dari salah satu aplikasi media sosial sejuta umat yaitu Facebook. sebelumnya mimin berani bertaruh jika hampir semua orang yang hidup di jaman ini memiliki akun Facebook. Karena memang Facebook adalah aplikasi pertama yang booming selain friendster pada jamannya. 

Saat ini facebook terus melakukan terobosan agar para pengguna setia mereka tidak meninggalkannya dan kali ini Facebook akan memperluas opsi monetisasi di platform media sosialnya. Setelah kreator konten, saat giliran admin grup Facebook yang dapat menghasilkan uang.

Facebook akan umumkan tengah uji coba tiga opsi monetisasi untuk admin grup, adalah fitur belanja, penggalangan dana, dan sub-grup berbayar.

Pembaruan ini telah diungkap Facebook saat acara Facebook Communities Summit. Menurut Facebook, tiga opsi monetisasi baru ini bisa membantu orang-orang yang telah jalankan grup dalam mempertahankan komunitas yang telah mereka bangun.

Fitur belanja (shopping) jadi sebuah opsi monetisasi pertama yang bisa dimanfaatkan oleh admin grup Facebook. Fitur ini mungkinkan admin untuk jual merchandice dengan tema tertentu atau barang lainnya. Opsi monetisasi kedua yaitu penggalangan dana. Dengan opsi ini, admin grup Facebook memungkinkan menggalang dana dari komunitasnya untuk suatu proyek, termasuk proyek untuk menjalankan grup itu sendiri.

Terakhir, Facebook telah sediakan opsi monetisasi berupa sub-grup berbayar. Sesuai namanya, fitur ini mungikinkan admin untuk bikin kelompok kelompok lebih kecil di dalam sebuah grup. Untuk kamu yang mau bergabung dengan sub-grup itu kamu kudu membayarkan langganan berupa biaya bulanan untuk dapat berpartisipasi.

Tiga opsi monetisasi di grup Facebook.

Lihat Foto

Sebetulnya, Facebook pula telah izinkan admin grup untuk bikin sub-grup gratis di komunitasnya, jika enggak mau menarik biaya langganan.

Sub-grup berbayar bisa dimanfaatkan admin untuk sediakan akses ke konten eksklusif atau khusus seperti pelatihan, networking, sampai percakapan yang lebih mendalam. Seperti grup Facebook lainnya, sub-grup ini juga bakal dibekali dengan tool moderasi percakapan.

Fitur baru lainnya untuk admin grup Facebook

VP dari Komunitas Facebook Maria Smith mengungkapkan jika Facebook ebggak mengharapkan semua grup menginginkan atau membutuhkan opsi monetisasi itu.

Akan tetapi, menurut Smith, sejauh ini banyak grup memang sudah melakukan upaya monetisasi sendiri seperti menjual merchandise hingga mengorganisir penggalangan dana. Jadi, Facebook menyiapkan alat belanja dan penggalangan dana sebagai opsi monetisasi resmi. Smith menambahkan bahwa grup dan sub-grup tetap akan diminta untuk mengikuti pedoman perdagangan dan aturan penggalangan dana yang berlaku di Facebook.

Grup Facebook sendiri digadang-gadang sebagai bagian penting dari Facebook saat ini. Perusahaan rintisan Mark Zuckerberg ini telah mengembangkan bahwa grup akan memainkan peranan penting dalam rencana membangun metaverse.