Waduh! Facebook & Instagram Rilis Fitur Mirip Spotify

Waduh! Facebook & Instagram Rilis Fitur Mirip Spotify

Spotify merupakan salah aplikasi musik dan audio paling populer saat ini. Bahkan aplikasi yang berasal dari negara asal zlatan ibrahimovic atau Swedia ini telah masuk kedalam jajaran aplikasi paling banyak diunduh di google play store maupun app store.

Mungkin kesuksesan tersebut yang membuat dua perusahaan besar yaitu Facebook dan instagram untuk membuat sebuah fitur yang hampir mirip atau bahkan serupa dengan yang ditampilkan Spotify yaitu fitur Wrapped yang memungkinkan pengguna untuk melihat kilas balik kegiatan pengguna di aplikasi Spotify sepanjang tahun.

Saat ini Facebook dan Instagram telah menghadirkan fitur mirip “Year in Review”. dalam aplikasi Facebook tersebut, pengguna bakal bisa melihat kolom “Year Together”, di mana Facebook akan merangkum sejumlah hal atau aktivitas pengguna di platform tersebut, yang dinilai penting oleh Facebook, sepanjang 2021.

Kolom Year Together ini akan dapat untuk kamu lihat di tampilan linimasa atau feed. Kamu dapat memilih untuk membagikan momen berharga tersebut dengan meng-klik tombol “share”. Fitur serupa ini pula hadir di Instagram dengan nama “2021 Playback”. Fitur Instagram 2021 Playback telah diumumkan seorang karyawan Meta bernama Alexandru Voica di sebuah unggahan Twitter.

Instagram 2021 Playback akan ditemui pengguna di tampilan utama linimasa Instagram Feed mereka. Di sana, kamu akan dapat melihat semacam tampilan yang disertai dengan tombol “View Playback”. Bila tombol tersebut di-klik, maka Instagram akan pilih dan rangkum sejumlah postingan Instagram Stories punya pengguna yang menurut mereka menarik.

Meskipun begitu, kamu pula dapat pilih sendiri momen yang mencerminkan tahun 2021 mereka untuk dijadikan kilas balik, setidaknya sampai 10 postingan Instagram Stories.

Setelah itu, kamu dapat bagikan kilas balik Instagram versinya ke pengguna lainnya. Rangkuman momen kamu pada sepanjang tahun ini tentunya akan mengingatkan kamu pada tren mengunggah sembilan foto Instagram dengan like terbanyak (top nine) alias “Best Nine”.

Harus dicatat, fitur 2021 Playback di Instagram ini cuma dapat kamu akses jika pengguna telah unggah minimal tiga postingan Instagram Stories sepanjang tahun 2021, serta telah aktifkan fitur stories archive atau arsip cerita.

Fitur Facebook Year Together dan Instagram “2021Playback” Udah digelontorkan Facebook dan Instagram mulai hari ini dan akan dapat diakses selama beberapa minggu ke depan. sebagian pengguna Instagram di Indonesia sudah mendapati fitur “2021 Playback” di berada Instagram-nya.

Untuk kamu yang belum dapat temukan kedua fitur ini sepertinya kudu bersabar sedikit. Sebab, fitur-fitur seperti ini biasanya disebar Facebook dan Instagram secara bertahap.