Inilah Fitur Terbaru Zoom Lihat Peserta Meeting yang Telat

Inilah Fitur Terbaru Zoom Lihat Peserta Meeting yang Telat

Zoom meeting merupakan salah satu aplikasi video conference paling populer 2 tahun terakhir ini karena adanya pandemi COVID-19 membuat banyak pekerja dan pelajar melakukan segala aktivitasnya melalui aplikasi zoom meeting ini. Baru baru ini aplikasi telah merilis fitur terbaru mereka yang bisa digunakan para pengguna.

Fitur tersebut bernama Status Kehadiran. fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk melihat peserta rapat yang telat hadir. Yang bisa dilihat oleh host dan co-host. hasilnya, host bisa menyatukan semua peserta yang hadir di rapat tepat waktu atau peserta yang terlambat hadir.

Pada status kehadiran peserta dibagi dalam dua kategori, yang terdiri dari “Joined” dan “Not Joined”. Untuk Peserta yang sudah datang ke dalam meeting online akan secara otomatis masuk ke dalam tab “Joined”. Sebaliknya, peserta yang belum masuk ke dalam ruang Zoom yang dibuat oleh host, akan masuk ke daftar “Not Joined”.

Fitur Status Kehadiran sudah terintegrasi dengan Google Calendar dan Outlook Calendar. Lewat kedua ini, host bisa kirim undangan serta mengetahui status kehadiran peserta. fitur Attendance Status yang tengah diuji coba oleh Zoom dapat diikuti oleh setiap peserta yang menghadiri rapat secara tepat waktu atau peserta yang terlambat hadir.

Peserta yang memperoleh sebuah undangan rapat online melalui Google Calendar dan Outlook Calendar bisa konfirmasi status kehadiran mereka. Keterangan ini disertakan di bawah nama peserta dan terdiri dari empat status, yakni “Diterima”, “Ditolak”, “Mungkin”, dan “Tidak Ada Respon”.

Seluruh keterangan status ini bisa dilihat oleh host dan tertera di bawah nama calon peserta yang masuk ke dalam daftar “Not Joined”. Calon peserta yang setuju untuk menghadiri rapat online akan ditandai dengan status “Diterima”.

Jika tak bisa menghadiri undangan, status calon peserta akan berubah menjadi “Menolak”. Sementara calon peserta yang masih ragu akan mendapat keterangan “Mungkin”. Ada pula status “No Response” akan muncul apabila calon peserta tidak membuka undangan, atau belum mengetahui status kehadiran mereka melalui Google Calendar atau Outlook Calendar.

Peserta Zoom yang diundang dan ingin masuk ke dalam rapat online akan dikategorikan dalam daftar “Ruang Tunggu”. Host dapat mengizinkan peserta untuk masuk dengan menekan tombol “Admit” atau memilih tombol “Remove” untuk menolak peserta. meskipun tergolong bermanfaat, namun fitur Attendance Status saat ini baru ada untuk pengguna versi Beta.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari halaman Support Zoom, Kamis (9/12/2021), pihak Zoom akan meminjamkan fitur ini secara lebih luas, setidaknya hingga beberapa bulan mendatang.