Putri Malu Menutup Saat Disentuh? Ternyata Ini Alasannya

Putri Malu Menutup Saat Disentuh? Ternyata Ini Alasannya

Jika berbicara mengenai tanaman putri malu tentu saja semua orang pasti sudah tahu tanaman yang akan menutup tangkainya tersebut saat kita sentuh. Tanaman yang mempunyai nama lain Mimosa Pudica merupakan tanaman bersuku polong-polongan yang sangat mudah dikenali daunnya dan selalu menutup jika ada yang menyentuhnya.

mungkin ada sebagian dari kamu yang penasaran mengapa tanaman putri malu tersebut bisa tiba-tiba tertutup saat tersentuh. Selain sentuhan, ternyata ada faktor lainnya yang membuat tanaman ini bisa tertutup seperti goyangan, tiupan, sampai rangsangan berupa panas. Gerakan menutupnya putri malu tersebut disebut dengan seismonasti.

Alasan mengapa putri malu ini bisa tertutup karena tanaman ini kehilangan tugor. Tugor ini adalah tekanan pada dinding sel oleh air yang terdapat dalam vakuola atau lubang sel serta isi sel lainnya.

saat tanaman ini diberikan rangsangan maka testimulasi untuk melepaskan zat-zat kimia tersebut, termasuk ion potassium yang akhirnya memaksa air keluar dari vacuole. Air itupun berdifusi mengeluarkan sel hingga menyebabkan hilangnya tekanan sel dan sel pun menjadi kempis. Hal itulah yang membuat tanaman putri malu akhirnya tertutup dan mengempis.

Para ilmuan menduga bahwa cara tanaman putri malu tersebut menutup saat tersentuh adalah upaya dalam perlindungan diri terhadap pemangsa. Karena hal tersebut tentu akan membuat hewan pemakan tanaman merasa takut, saat tanaman putri malu ini bisa memberikan respons yang begitu cepat dengan sentuhan. Hal tersebut membuat hewan-hewan pemangsa lebih memilih memakan tumbuhan lainnya.

Jika diperhatikan lebih seksama, tanaman putri malu memliki warna daun yang lebih pucat. Saat tanaman tersebut tertutup, pasti hewan yang tadinya ingin memakan akan berpikir bahwa tanaman ini telah layu dan membuat mereka kehilangan selera untuk memakannya.