Fakta Aneh Tikus Belalang, Bisa Melolong Seperti Serigala
Sumber gambar: kabar6

Fakta Aneh Tikus Belalang, Bisa Melolong Seperti Serigala

Buat kamu sudah terbiasa bertemu tikus dirumah, tentu saja kamu tahu bentuk serta ukuran hewan mungil ini bukan. Tikus juga mempunyai suara yang khas dan tidak terlalu berisik karena suaranya yang kecil. Namun tahukah kamu ternyata ada tikus yang bisa menirukan suara lolongan serigala.

Tikus ini berjenis, tikus Belalang, spesies tikus yang hidup di Amerika Utara ini mempunyai suara keras yang mirip dengan lolongan serigala bahkan mirip suara manusia loh. Hal tersebut didasarkan pada penelitian baru yang diterbitkan dalam Proceedings of the Royal Society B.

Tikus belalang, menggunakan pluit tradisional , seperti mekanisme yang digunakan oleh tikus-tikus lain dan vibrasi jaringan Fakta Aneh Tikus Belalang, Bisa Melolong Seperti Serigala yang diinduksi udara seperti manusia. Peneliti dari Northern Arizona University, Midwestern University di Glendale dan Ritsumeikan University di Jepang menggunakan eksperimen heliox, investigasi morfologi laring dan vokal serta pemodelan biomekanik untuk menyelidiki bagaimana tikus belalang menghasilkan panggilan jarak jauh yang menakjubkan.

Tikus belalang adalah hewan pengerat dan juga predator yang memiliki habitat di padang pasir, padang rumput di barat Amerika Serikat, serta utara Meksiko. Seperti kebanyak tikus lainnya, tikus belalang menghasilka vokal ultrasoik diatas rentang pendengaran manusia dalam interaksi sosial jarak dekat melalui mekanisme peluit.

Yang berbeda, tikus belalang juga menghasilkan vokal suara jarak jauh. Nauralis Vernon Bailey menggambarkan seruan tikus belalang sebagai “miniatur serigala”. Hewan jantan dan betina seringali menganggap postur tegak seraya membuka mulut mereka dengan lebar dapat menghasilkan suara yang keras yang akan terdengar hingga jark 100 meter. Tikus belalang memiliki rentang rumah yang relatif luas sehingga panggilan mereka berfungsi sebagai mekanisme untuk mendeteksi pasangan dan pesaing di jarak yang jauh.

Penggamaran kotak suara tikus belalang mengungkap lapisan tipis jaringan ikat dan struktur kecil yang disebut membran vokal yang sebelumnya hanya dijelaskan secara rinci pada echolocating kelelawar. Selain itu, tikus belalang memiliki saluran vokal berbentuk lonceng yang bentukny mirip dengan loudspeaker, yang mampu meningkatkan intensitas vokal, sama seperti penyanyi opera. Demikian seperti dilansir Phys.