7 Fakta Keren Planet Venus, Dari Planet Terpanas Sampai Mirip Hawaii

Para Ilmuwan dunia nampaknya tidak bosan melakukan sebuah penelitian, meskipun banyak penelitiannya yang dinilai absurd atau tak masuk akan, namun para ilmuwan tidak menyerah untuk mencari info penomena yang ingin ia inginkan.

Jika sebelumnya para ilmuwan terus melakukan penelitian di planet mars dan terus mencar keberadaan alien di planet berwarna merah tersebut, dan kali mereka berpindah ke planet Venus dan sedang melakukan penelitian di planet yang kabarnya memiliki cuaca yang sangat panas tersebut.

Bob Grimm, Seorang Geofisika yang merupakan salah satu anggota program Program Director di the Southwest Research Institute dan Chair of NASA’s Venus Exploration Analysis Group menemukan beberapa fakta mengenai planet Venus. Yuk kita simak beberapa faktanya dibawah ini.

 

Mirip Bumi

Fakta Keren Planet Venus, Dari Planet Terpanas Sampai Mirip Hawaii
Sumber gambar: alasan kenapa

Venus memiliki radius 3.760 mil, sementara Bumi memiliki radius 3.963 mil. Masa yang dimiliki Venus sendiri yakni 82% sedangkan Bumi sebesar 91%. Wajar jika kedua planet tersebut hampir serupa. Kedua planet tersebut mungkin seperti berbagi asal usul mereka pada 4,5 miliar tahun yang lalu.

 

Sangat Panas

Siapa yang menyangka jika Venus ternyata planet yang jauh lebih panas dibandingkan dengan planet Merkurius. Walau pun jaraknya 30 juta mil dari matahari. Permukaan Venus sendiri mengeluarkan panas yang tentunya terus meningkat.

 

Kunci Exoplanet

Planet memegang peranan kunci terhadap pemahanan tentang planet-planet diluar tata surya. Planet Venus bahkan bisa membatu ilmuwan untuk bisa lebih baik dalam membedakan potensial dunia layak huni yang ada di luar sana.

 

Tidak Ada Dinosaurus

Anda mungkin berpikir bahwa ilustrasi yang ada pada Venus memiliki kondisi yang mirip dengan Bumi, astronomi sendiri telah mengetahui ratusan tahun bahwa atmosfer Venus terdiri tanpa oksigen. Sehingga tidak mungkin terdapat dinosaurus yang hidup di planet tersebut.

 

Permukaan Venus

Permukaan Venus
Sumber gambar : okezone

Venus adalah planet pertama yang dikunjungi oleh Mariner 2 yang sukses menemukan planet tersebut pada 1962. Empat tahun kemudian, Venera 3 juga menjadi pesawat luar angkasa yang menyentuh permukaan Venus lainnya. Sementara itu, pesawat Venera 7 juga berhasil menembus Venus.

 

Air di Venus

Permukaan Venus
Sumber gambar: okezone

Ada sebuah bukti yang mengatakan bahwa Venus pernah memiliki air. Bahkan air tersebut penah ada di permukaan Venus pada satu miliar tahun yang lalu. Namun kedalaman air tersebut mungkin hanya berukuran beberapa meter. Adanya awan juga memungkinkan Venus memiliki air.

 

Venus seperti Hawaii

Venus sendiri sebuah planet yang berwarna seperti kuning. Bahkan Venus disebut sangat mirip dengan Hawaii. Angin di permukaan Venus sendiri sangat lembut.