Kenapa Air Mata Keluar Saat Kita Sedih? Ini Alasannya

Untuk anak milenial merasakan sebuah cinta merupakan hal yang biasa, namun tak banyak yang terlalu larut dalam perasaan cinta tersebut, dan membuat dampak buruk pada psikologis diri sendiri, terkadang orang yang sedang merasakan patah hati cenderung menyendiri atau memerlukan waktu sendiri untuk melepas kesedihan.

Tak ayal, seorang yang sedang patah hati dalam jiwanya terdapat emosi yang tidak bisa ditahan, terlebih lagi jika yang merasakan patah hati tersebut adalah wanita. Wanita terkenal dengan sifat yang cengeng dan mereka tentu saja akan merasa bersedih lalu menangis.

Nah dari narasi diatas, tahukah kamu, kenapa saat sedang bersedih seseorang cenderung mengeluarkan air mata? Yuk kita bahas.

Air mata sendiri memiliki tipenya masing-masing. Terdapat tiga tipe air mata yakni basal tears. Saat Anda sedang mengaca, Anda akan sadar bahwa air mata berair, itulah yang dinamakan Basal Tears, fungsinya adalah untuk membasahi mata Anda.

Sementara itu, terdapat reflex tears, dimana ini air mata ini dihasilkan akibat pengaruh eksternal. Misalnya saja saat Anda sedang kelilipan, maka Anda akan berusaha mengucek mata Anda, sehingga mata menghasilkan air mata yang berlebih. Tujuan dari munculnya reflex tears ini adalah untuk membersihkan mata Anda dari benda-benda asing.

Nah, kemudian juga terdapat air mata emosi. Air mata ini akan muncul saat Anda merasa bersedih maupun bahagia. Air mata yang muncul saat menangis bertujuan untuk bisa memberikan sinyal, komunikasi, serta mengurangi stres.

Air mata ini berisikan sebuah hormon yang dikenal dengan nama Adrenocorticotropic Hormone (Hormon ACTH). Hormon ini sendiri bisa dikaitkan dengan tingkat stres yang seseorang rasakan.

Sedangkan air mata yang dikeluarkan saat bahagia, juga bertujuan untuk memberikan sinyal yang sama. Sama halnya saat kita merasa kesakitan, air mata bahagia juga menjadi air mata emosional yang muncul karena pengaruh eksternal, seperti perasaan dan fisik. Adanya pemicu seperti emosi membuat kelenjar kita bisa mengeluarkan air mata lebih banyak. Itu sebabnya saat emosi kita akan menangis.