Cara Backup Data Android ke Gmail yang Simpel dan Mudah
Sumber gambar: kampung gadget

Cara Backup Data Android ke Gmail yang Simpel dan Mudah

Cara Backup Data Android ke Gmail – Hampir semua orang sekarang ini sudah memiliki yang namanya smartphone pribadi, baik itu berbasis android atau iOS. Khusus untuk Anda pengguna smartphone android, terkadang suka khawatir data yang tersimpan di dalamnya akan hilang.

Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan backup data android tersebut agar tidak hilang. Salah satu caranya yakni dengan backup data ke akun Gmail. Lantas, bagaimana cara backup data android ke Gmail tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Cara Backup Data Android ke Gmail Tanpa Ribet

Gmail merupakan sebuah layanan surel gratis dari Google yang memungkinkan dimiliki oleh siapa saja. Selain untuk urusan e-mail, akun Gmail ini juga bisa digunakan untuk hal lainnya. Salah satunya yakni untuk tempat mencadangkan data yang tersimpan di HP android. Adapun cara backup data android ke Gmail selengkapnya, yakni:

Cara 1 – Menggunakan Fitur Pencadangan di Android

Cara 1 - Menggunakan Fitur Pencadangan di Android
Sumber gambar: wikihow

Cara yang pertama ini akan memanfaatkan fitur pencadangan yang disediakan di setiap perangkat android. Caranya bisa dibilang sangat mudah dan tidak perlu waktu lama untuk melakukannya. Untuk langkah-langkah mencadangkan data di android ke akun Gmail lewat fitur Backup di android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda hubungkan smartphone android ke jaringan internet. Ini perlu dilakukan, karena pencadangan ke akun Gmail membutuhkan jaringan internet untuk terhubung ke sana.
  • Jika sudah, sekarang kamu buka menu Pengaturan atau Settings di smartphone android.
  • Kemudian klik pada opsi Akun dan Pencadangan yang ada di sana.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Pencadangan dan Pemulihan.
  • Sekarang mulai melakukan pengaturan pencadangan atau backup data android. Pertama pada bagian opsi Cadangkan Data Saya, pastikan Anda sudah mengaturnya ke mode On atau Hidup. Sementara di bagian Bakcup Akun, Anda atur akun Gmail mana yang ingin dijadikan tempat backup. Dan pada opsi Akun Google, Anda pilih lagi akun Gmailnya dan klik tombol Cadangkan Sekarang.
  • Tunggu sampai proses pencadangan data selesai. Jangan lupa untuk memilih jaringan yang digunakan untuk pendangan data, baik menggunakan jaringan seluler atau Wifi.
VIRAL :  Download EagleGet APK, Aplikasi Downloader Terbaik

Cara 2 – Kirim File Data ke Akun Gmail Lain

Cara ini bisa menjadi opsi tambahan jika Anda ingin melakukan backup data di HP android. Baik itu file media (foto, video, hingga musik), data kontak, atau jenis data lainnya. Di sini Anda perlu memiliki 2 akun Gmail, yang satu berguna sebagai pengirim dan satunya lagi untuk menerima data.

Untuk langkah-langkah backup data android ke akun Gmail dengan cara kirim file selengkapnya, sebagai berikut:

  • Yang pertama Anda siapkan dulu file yang ingin dibackup ke dalam satu folder.
  • Jika sudah, sekarang buka aplikasi Gmail di android.
  • Pastikan Anda sudah login ke akun Gmail yang sudah benar.
  • Kemudian klik tombol untuk mengirim Pesan Baru.
  • Beri judul atau Subjek email, dan tambahkan file tadi dengan cara klik ikon seperti Klip Buku. Jangan lupa untuk memasukkan alamat email tujuan yang ingin dikirimi data tersebut.
  • Jika sudah semua, selanjutnya klik tombol Kirim.
  • File sudah dikirim dan Anda bisa mendownloadnya lagi sewaktu-waktu jika memang data tersebut hilang atau terhapus dari perangkat android.

Itulah tadi cara backup data android ke Gmail yang mudah dan praktis bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Sekarang sudah tidak khawatir lagi dengan keamanan data bukan?

Kata Kunci : pitur racenbackup -