Cara Backup Data Android ke Google Drive Dengan Gampang
Sumber gambar: lancang kuning

Cara Backup Data Android ke Google Drive Dengan Gampang

Google Drive merupakan layanan cloud gratis yang disediakan oleh Google untuk para pengguna setianya. Google Drive sendiri sudah bisa diakses melalui perangkat apapun, asalkan pengguna sudah punya akun Google. Berbicara mengenai penyimpanan Google Drive, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat mencadangkan data di android. Sudah tahu belum cara backup data android ke Google Drive?

Untuk layanan gratis, pengguna diberi jatah sebesar 15GB untuk penyimpanan cloud Google Drive. Jika ingin yang unlimited, maka pengguna bisa upgrade akun ke versi Bisnis atau pelajar. Selama ruang penyimpanan di Google Drive masih ada, maka Anda masih bisa mencadangkan data apapun di sana.

Tanpa panjang lebar, begini cara backup data android ke Google Drive. Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Backup Data Android ke Google Drive

Untuk membackup data android di Google Drive, ada dua opsi yang bisa Anda lakukan yakni bakcup secara otomatis dan manual. Keduanya sama-sama mudah dilakukan, bahkan Anda yang masih pemula pun bisa melakukannya tanpa kendala. Adapun cara backup data android ke Google Drive selengkapnya bisa di simak berikut ini.

1. Backup Data Android ke Google Drive Secara Otomatis

Backup Data Android ke Google Drive Secara Otomatis
Sumber gambar: bersama tekno

Cara yang pertama untuk mencadangkan data android ke akun Google Drive di android yakni dengan memanfaatkan fitur bakcup otomatis. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Akun dan Pencadangan.
  • Selanjutnya klik pada opsi Pendangan dan Pemulihan.
  • Jika sudah, Anda atur dulu akun Google Drive yang ingin dijadikan tempat untuk backup data. Caranya klik pada opsi Backup Akun, kemudian pilih akun Google yang ingin dijadikan tempat penyimpanan data backupannya.
  • Jika sudah, sekarang Anda klik pada opsi Cadangkan Data Saya. Lalu geser tombol slidernya ke arah kanan untuk mengaktifkan fitur backup data ke Google Drive secara otomatis.

Perlu Anda ingat, fitur backup data otomatis ini akan berjalan jika HP android Anda terhubung ke jaringan Wifi. Jadi, jika hanya terhubung ke jaringan data seluler, maka pencadangan otomatis tidak akan berfungsi.

2. Backup Data Android ke Google Drive Secara Manual

Backup Data Android ke Google Drive Secara Manual
Sumber gambar: info komputer

Alternatif lainnya yakni dengan melakukan backup data android secara manual ke akun Google Drive. Cara ini bisa dipilih jik Anda tidak bisa terhubungke jaringan Wifi untuk mengaktifkan fitur backup otomatis. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama pastikan Anda sudah terhubung ke jaringan internet.
  • Kemudian masuk ke menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Lalu masuk ke opsi Akun dan Pencadangan.
  • Klik pada opsi Pencadangan dan Pemulihan.
  • Sekarang Anda klik opsi Akun Google.
  • Pada halaman ini Anda aktifkan opsi Cadangkan ke Google Drive yang ada di bagian paling atas.
  • Setelah itu, atur akun Google Drive yang ingin digunakan backup di bagian opsi Akun.
  • Jika semuanya sudah diatur, sekarang klik tombol Cadangkan Sekarang.
  • Tunggu sampai proses pencadangan data android sampai selesai.

Mudah bukan kedua cara pendangan data android ke akun Google Drive di atas? Cara tersebut kami terapkan di HP Samsung Android 10. Untuk tipe atau merek HP lain kemungkinan tidak beda jauh dengan cara di atas.

Itulah tadi cara backup data android ke Google Drive secara otomatis dan manual bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.