Cara Transfer Data dari iPhone ke Laptop Windows dan MacOS

Bersaing ketat dengan perangkat android, iPhone punya kalangan tersendiri untuk pemasarannya. Seperti yang kita tahu, iPhone dihadirkan khusus untuk menyasar kalangan menengah ke atas. Pada kesempatan ini admin ingin mengulas bagaimana cara transfer data dari iPhone ke laptop.

Sebagai pengguna iPhone, mungkin Anda ingin melakukan pemindahan file dari iPhone ke perangkat laptop. Tidak sulit kok untuk menerapkan cara satu ini, Anda bahkan memungkinkan untuk memindahkan data dari iPhone ke Windows. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini cara transfer data dari iPhone ke laptop Windows dan Mac yang bisa Anda simak.

Cara Transfer Data dari iPhone ke Laptop

Untuk melakukan transfer file dari perangkat iPhone ke laptop, setidaknya ada 3 metode yang bisa Anda terapkan. Masing-masing metode bisa disesuaikan sendiri dengan kebutuhan Anda melakukan transfer file. Adapun cara transfer data dari iPhone ke laptop selengkapnya, sebagai berikut:

1. Transfer Data dari iPhone ke Laptop Windows

Transfer Data dari iPhone ke Laptop Windows
Sumber gambar: winpoin

Cara yang pertama ini bisa Anda terapkan untuk memindahkan file dari iPhone ke PC Windows. Tidak sulit kok untuk melakukannya, Anda bisa menghubungkan dulu kedua perangkat tersebut menggunakan kabel ataupun jaringan Wifi. Lebih mudah melakukannya dengan menyambungkan iPhone dan laptop dengan kabel USB. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda sambungkan iPhone ke laptop Windows menggunakan kabel USB. Pastikan keduanya sudah benar-benar terhubung dengan Anda memberikan izin akses di perangkat iPhone.
  • Sekarang buka aplikasi iTunes di Windows. Jika belum punya maka bisa menginstallnya terlebih dahulu.
  • Selanjutnya pada iTunes tersebut Anda klik tombol iPhone yang ada di bagian kiri atas tampilan.
  • Untuk mulai mentransfer file, Anda klik opsi Berbagi File.
  • Di bilah kanan akan ditampilkan file yang bisa langsung pindahkan ke laptop. Caranya klik pada salah satu file yang ingin ditransfer, kemudian klik tombol “Simpan ke”. Selanjutnya Anda tentukan lokasi penyimpanannya, lalu klik tombol Simpan.

2. Mengirim Data dari iPhone ke Mac

Mengirim Data dari iPhone ke Mac
Sumber gambar: apple suport

Cara kedua ini bisa diterapkan jika Anda ingin memindahkan file dari iPhone ke perangkat Mac. Caranya juga hampir sama dengan metode di atas, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda sambungkan perangkat iPhone dan Mac menggunakan kabel USB atau penyelarasan Wifi.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda buka Finder di Mac.
  • Kemudian di bagian bar samping kanan, Anda klik opsi iPhone. Finder ini bisa digunakan untuk perangkat Mac dengan macOS 10.15. Untuk versi dibawahnya, maka bisa menggunakan iTunes untuk mentransfer file.
  • Pada jendela Finder tersebut, Anda klik File yang ada di bagian atas.
  • Selanjutnya Anda cari file di iPhone yang ingin dipindahkan ke Mac. Klik Segitiga yang ada disamping nama App. Di sana Anda akan melihat file yang ada di iPhone, kemudian seret file ke jendela Finder untuk mulai memindahkannya.

3. Mengirim Data dari iPhone ke iCloud

Mengirim Data dari iPhone ke iCloud
Sumber gambar: apple suport

Cara yang ketiga untuk memindahkan file dari iPhone ke laptop yakni dengan memanfaatkan iCloud. Caranya sangat mudah, pertama Anda upload file yang ingin ditransfer di iCloud di iPhone.

Untuk mengambilnya, Anda bisa mengakses iCloud melalui perangkat laptop atau Mac. iCloud bisa Anda akses melalui situs iCloud (https://www.icloud.com/iclouddrive) atau melalui aplikasi iCloud. Anda perlu login menggunakan Apple ID yang sama dengan yang ada di iPhone agar bisa mengakses file yang ada di dalamnya.

Itulah tadi cara transfer data dari iPhone ke laptop yang paling mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.