Benarkah Manusia Tak Mungkin Bersin Saat Tidur? Begini Penjelasannya

Tidur merupakan aktivitas yang bisa membuat tubuh kamu menjadi segar kembali, karena melakukan aktivitas yang berat tentu saja tubuh kamu butuh istirahat dan tidur merupakan solusi terbaiknya. Namun pernahkan kamu berpikir kenapa saat tidur kita tidak bersin?

Menurut para peneliti, mengatakan bahwa kemungkinan kecil manusia bisa bersin saat sedang tidur, meskipun sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan hal tersebut, namun Sebagai gantinya, ahli fisiologi dan peneliti tidur telah berusaha menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan pemahaman mereka, terkait bagaimana otak dan tubuh yang bekerja saat tidur.

“Sejauh yang saya tahu, saya tidak berpikir orang bersin saat tidur,” kata Steven Shea, periset tidur yang juga Direktur Oregon Institute of Occupational Health Sciences di Oregon Health and Science University.

“Saya telah mempelajari ratusan orang yang tidur, dan saya tidak pernah menyaksikan ada yang bersin saat tidur… tapi, saya juga tidak pernah memprovokasi mereka,” terangnya.

Shea mengingat, sebuah cerita yang menunjukkan bahwa hipotesis ini mungkin benar. Ia pernah melihat seorang anak laki-laki yang dilanda batuk kronis. “Dia batuk mungkin setiap 10 sampai 15 detik saat ia bangun,” kata Shea. Namun orangtua anak itu mengatakan kepadanya bahwa anak itu akan berhenti begitu ia tertidur.”

“Saya benar-benar melihat gelombang otaknya begitu masuk ke keadaan paling ringan, batuknya berhenti, kemudian dia terbangun di tengah malam, batuk lagi, tapi kemudian dia akan terlelap kembali. Tidur dan tidak batuk,” katanya. Shea memiliki beberapa dugaan mengapa anak itu berhenti batuk dan mengapa manusia tidak bersin saat tertidur.

Tinggalkan komentar