Fungsi GPS, Aplikasi Sangat Penting Untuk Smartphone Android

Buat kamu para pengguna smartphone android, tentu sudah tidak asing dengan GPS mungkin kamu akan langsung berpikir mengenai sebuah peta dalam ponsel, namun ternyata fungsi GPS bukan cuma itu guys. Masih banyak fungsinya yang sangat penting untuk smartphone android.

Buat yang belum tahu, kepanjangan GPS yaitu Global Positioning System, jadi GPS ini merupakan sistem navigasi berbasis ruang yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) dan dioperasikan khusus untuk Angkatan Udara AS dulunya dan sekarang sudah bisa di akses semua orang di perangkat Android.

 

Untuk mengetahui, bagaimana fungsi GPS yuk kita bahas bareng dibawah ini:

 

Bagaimana GPS Bekerja

Sistem GPS ini bergantung pada satelit dan tidak mentransmisikann data apapun. Artinya, tidak perlu koneksi internet untuk mengaktifkan GPS, karena itu navigasi masih bisa digunakan di daerah pedesaan.

Setiap satelit menyiarkan sinyal yang menyertakan kode pseudo-random dan waktu tranmisi. Penerima menentukan lokasi setidaknya empat satelit dan jaraknya dari masing-masing satelit tersebut. Dengan data itu, receiver bisa menyampaikan lokasi pengguna.

Penerima menerjemahkan lokasi mereka ke dalam satu set koordinat, angka-angka ini menunjukkan posisi perangkat di Bumi dengan menggunakan garis bujur dan lintang.

 

Kegunaan GPS

Ternyata GPS mempunyai kelebihan yang tak banyak diketahui oleh orang lain. GPS bisa digunakan saat pengguna sedang melaakukan aktivitas hiking atau mendaki gunung, tidak melulu harus bergantung pada koneksi internet. Unit GPS portable atau aplikasi smartphone tertentu akan menunjukkan lokasi pengguna pada peta.

Fungsi GPS juga dapat melacak orang lain, misalnya menemukan anak atau keluarga yang hilang bahkan menunjukkan hewan peliharaan. Tetapi jika keduanya telah memiliki atau terpasang perangkat navigasi tersebut.

GPS juga bisa digunakan untuk bermain game yang mengandalkan lokasi, misalnya seperti permainan Pokemon Go. Atau jika pengguna mengikuti informasi pasar saham. Semua teknologi ini tentu mengandalkann GPS untuk menyinkronkan waktu.

Satelit-satelit yang mengelilingi dunia menawarkan cara yang bagus untuk memastikan semuanya disinkronkan. Demikian dinukil dari Make Us Of