Cara Update GPU Laptop untuk VGA Nvidia dan AMD Termudah

Cara Update GPU Laptop untuk VGA Nvidia dan AMD Termudah

GPU merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit yang fungsinya untuk jembatan antara monitor dan komputer agar bisa menampilkan sesuatu yang harus ditampilkan. Dengan adanya GPU pengguna bisa mengoperasikan laptop dengan lebih mudah melalui layar monitor. Simak yuk bagaimana cara update GPU laptop berikut.

GPU inilah yang akan memproses semua hal yang berhubungan dengan grafis, seperti video dan gambar. Sementara VGA kepanjangan dari Video Graphics Array yang berfungsi sebagai tempat GPU memproses grafis.

Jadi, GPU nantinya akan dipasang di VGA ini agar bisa menjalankan fungsinya. Namun, semua itu tidak akan terlaksana jika di laptop belum terpasang driver dari VGA tersebut.

Berbicara mengenai driver VGA, terkadang kita perlu melakukan update agar performa laptop lebih maksimal saat digunakan. Menggunakan driver terbaru akan mempercepat kinerja dari GPU untuk membantu pemrosesan data CPU.

Akan tetapi, belum banyak yang tahu cara untuk update driver kartu grafis laptop tersebut. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini cara update GPU laptop yang bisa Anda terapkan.

Cara Update GPU Laptop untuk VGA Nvidia dan AMD

Sebenarnya sangat mudah untuk melakuka update driver dari kartu grafis yang terpasang di laptop. Hanya saja memang tidak semua pengguna mengetahuinya. Tidak perlu bingung karena pada artikel kali ini akan dibahas secara detail cara tersebut. Adapun cara update GPU laptop yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

Metode 1 – Update Driver VGA di Windows 7

Update Driver VGA di Windows 7
Sumber gambar: kepoo.me
  1. Langkah yang pertama Anda klik logo Windows yang ada di bagian pojok kiri bawah tampilan.
  2. Di sana Anda akan menemukan menu Computer. Klik kanan pada menu Computer tersebut, kemudian pilih opsi Manage.
  3. Nantinya jendela Computer Management akan ditampilkan di layar. Kemudian Anda pilih opsi Device Manager yang ada di bilang kiri tampilan.
  4. Fokus pada kolom di bilah kanan jendela Device Manager tersebut, sekarang Anda klik ikon Dropdown (segitiga kecil) yang ada di tulisan Display Adapters.
  5. Kamudian Anda klik kanan pada driver yang tersediakan di bawah tulisan tersebut. Pada opsi yang muncul, Anda klik pada opsi Update Driver Software.
  6. Ada dua pilihan untuk update driver GPU atau VGA. Di sini Anda bisa memilih opsi pertama yakni Search Automatically for Updated Driver Software.
  7. Tunggu sampai proses update driver selesai.

Metode 2 – Cara Update GPU di Windows 8 dan 10

Cara Update GPU di Windows 8 dan 10
Sumber gambar : wikihow
  1. Langkah yang pertama Anda klik kolom Search yang ada di bagian pojok kiri bawah tampilan.
  2. Pada kolom Search tersebut Anda ketik kata kunci Device Manager.
  3. Di bagian atas akan ditampilan menu Device Manager. Anda klik saja pada menu tersebut.
  4. Nantinya jendela Device Manager akan ditampilkan di layar laptop.
  5. Jika sudah tampil, sekarang Anda cari tulisan Display Adapters, kemudian klik tombol dropdown yang ada di sebelah kiri tulisan tersebut.
  6. Selanjutnya klik kanan pada driver VGA-nya, lalu pilih opsi Update Driver.
  7. Pada jendela baru ada dua opsi untuk update driver, yakni mencari secara otomatis dan secara manual melalui penyimpanan komputer. Anda pilih saja opsi otomatis yakni Search Automatically for Updated Driver Software.
  8. Sekarang tinggal Anda tunggu saja proses update driver sampai selesai.

Itulah tadi cara update GPU laptop yang mudah bisa coba Anda terapkan sendiri. Tidak perlu membawa laptop ke service center untuk sekedar update driver GPU atau VGA, karena Anda bisa melakukannya sendiri.