Cara Video Call WhatsApp di Laptop yang Mudah Banget

Siapa yang tidak kenal WhatsApp? Hampir semua orang, khususnya pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chatting satu ini. Selain untuk mengirim pesan teks, WhatsApp juga biasa digunakan untuk video call. Sebenarnya, cara video call WhatsApp di laptop tidak jauh berbeda seperti di ponsel android dan iPhone.

Mungkin ini agak ribet, akan tetapi ternyata kita bisa melakukannya dengan mudah. Untuk Anda yang penasaran, berikut cara video call WhatsApp di laptop atau PC yang paling mudah bisa Anda terapkan.

Cara Mengakses WhatsApp di Laptop

Cara Mengakses WhatsApp di Laptop
Sumber gambar: jalan tikus

Sebelumnya WhatsApp sudah meluncurkan fitur WhatsApp Web, di mana dengan fitur ini memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp lewat laptop atau PC. Cara menggunakan fitur tersebut yakni dengan mengakses situs WhatsApp Web melalui browser, baik itu browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera atau yang lainnya.

Bagi Anda yang belum tahu cara mengakses WhatsApp di laptop, beriktu ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama Anda hubungkan laptop ke jaringan internet.
  • Jika sudah terhubung, sekarang buka browser dan kunjungi situs WhatsApp Web melalui LINK INI.
  • Di sana akan ditampilkan halaman yang terdapta kode QR di sebelah kanan tampilannya. Anda lakukan scan pada kode QR tersebut untuk terhubung ke WhatsApp di smartphone.
  • Cara scanning kode QR WhatsApp Web yakni dengan buka aplikasi WhatsApp di smartphone. Kemudian klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas, kemudian pilih WhatsApp Web.
  • Sekarang arahkan smartphone ke kode QR di WhatsApp Web tadi, maka secara otomatis Anda sudah bisa mengakses WhatsApp di browser laptop.

Cara Video Call WhatsApp di Laptop yang Praktis

Cara Video Call WhatsApp di Laptop yang Praktis
Sumber gambar: lapyopnesia

Setelah terhubung ke WhatsApp di smartphone, Anda bisa melakukan chattingan seperti biasa di perangkat laptop yang terhubung tadi. Mulai dari mengirim chat berupa teks, emoticon, stiker, video, gambar dan jenis file dokumen lainnya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga memungkinkan untuk melakukan video call dari WhatsApp Web di perangkat laptop tersebut. Adapun cara video call WhatsApp di laptop selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pastikan Anda sudah bisa mengakses WhatsApp Web di perangkat laptop atau PC.
  • Pada halaman WhatsApp Web yang sudah terhubung tersebut, Anda klik ikon tiga titik yang ada sebelah kanan Foto Profil WA.
  • Ada beberapa opsi di sana, Anda klik pada opsi Create a Room. Maka di WhatsApp Web akan muncul notifikasi pop up. Lanjutkan dengan klik tombol Continue in Messenger.
  • Anda akan dibawa ke halaman Messenger untuk membuat forum atau room baru.
  • Sekarang Anda login ke akun Messenger pribadi atau menggunakan akun Facebook juga bisa.
  • Diasumsikan Anda sudah berhasil login dan sekarang berada di halaman untuk membuat Room Video Call. Melalui Messenger Room tersebut Anda bisa membuat ruang video call baru.
  • Jika sudah, ambil link video call-nya, kemudian kirimkan link tersebut kepada teman WhatsApp yang ingin diajak video call bareng. Bukan hanya dengan satu orang, room video call ini bisa menampung banyak pengguna sekaligus.

Fitur video call di WhatsApp Web memang belum dihadirkan, namun sebagai gantinya Anda bisa terhubung melalui Messenger Room. Akan tetapi, ke depannya WhatsApp pasti juga bakal menghadirkan fitur ini. Mengingat fitur panggilan suara WhatsApp di laptop sudah memungkinkan untuk Anda gunakan.

Itulah tadi cara video call WhatsApp di laptop yang paling mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.