Cara Bikin Animasi di Android Untuk Pemula yang Mudah

Membuat animasi bukan lagi menjadi hal yang sulit dilakukan di jaman sekarang ini. Bagi Anda yang masih awam pun bisa dengan mudah membuat animasi sendiri, baik itu animasi berbasis 2D ataupun 3D. Membuat animasi ini sendiri tidak hanya bisa dilakukan menggunakan perangkat PC atau laptop. Cara bikin animasi di android pun tergolong mudah.

Sebab, untuk ponsel android sudah disediakan berbagai pilihan aplikasi yang memudahkan Anda membuat animasi sendiri. Beberapa aplikasi bahkan bisa digunakan secara gratis, Anda tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Adapun cara bikin animasi di android selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Bikin Animasi di Android untuk Pemula

Cara Bikin Animasi di Android untuk Pemula
Sumber gambar: jalan tikus

Tidak sulit untuk membuat animasi 2D dan 3D di HP android, asalkan Anda sudah tahu aplikasi terbaik untuk membuat animasi tersebut. Jika memang masih belum tahu, maka wajib bagi Anda untuk membaca ulasan ini sampai selesai. Berikut cara bikin animasi di android yang keren dan mudah bisa Anda terapkan.

  1. Langkah yang pertama Anda harus download dan install dulu aplikasi pembuat animasi di android yang bernama Animate It!. https://animate-it.id.uptodown.com/android
  2. Jika sudah, selanjutnya Anda jalankan aplikasi tersebut di android.
  3. Pada halaman utama aplikasi, Anda klik ikon tiga garis horizontal yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  4. Di sana akan ditampilkan beberapa opsi untuk mengatur objek animasi. Pertama Anda atur dulu judul animasi dengan klik kolom nama dan ubah judulnya sesuka hati.
  5. Selain itu, Anda juga bisa memilih objek animasi yang ingin digunakan melalui halaman ini. Ada banyak pilihan objek yang tersedia di sana, dan semuanya bisa Anda gunakan secara gratis. Jika tidak suka dengan karakter default, Anda juga bisa menggantinya dengan karakter yang lain.
  6. Autr juga gerakan untuk karakter animasi tersebut. Anda bisa membuat karakter berpinda tempat, ganti posisi, melakukan gerakan tertentu dan masih banyak lagi yang lainnya.
  7. Jika semuanya dirasa sudah pas, Anda bisa melihat dulu preview animasinya dengan cara klik tombol Play.
  8. Dan untuk menyimpan animasi yang sudah dibuat, klik ikon Save yang ada di bagian bawah ikon tiga garis di pojok kiri atas tadi.

Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik di Android Lainnya

Selain aplikasi Animate It! di atas, masih ada beberapa pilihan aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat animasi di android. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi untuk membuat animasi yang bisa Anda gunakan, di antaranya:

1. PicsArt Animator: GIF & Video

PicsArt Animator: GIF & Video
Sumber gambar: apk mong

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.picsart.animate

Yang pertama ada aplikasi bernama PicsArt Animator: GIF & Video, di mana aplikasi ini juga gratis untuk digunakan. Dikembangkan oleh PicsArt, aplikasi satu ini dibekali dengan fitur keren dan pastinya akan memudahkan Anda dalam membuat animasi 3D di android.

2. FlipaClip: Animasi Kartun

FlipaClip: Animasi Kartun
Sumber gambar: webku

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vblast.flipaclip

Berikutnya ada aplikasi bernama FlipaClip: Animasi Kartun yang dikembangkan oleh Visual Blasters LLC. Aplikasi satu ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar membuat animasi melalui perangkat android. Pasalnya, aplikasi ini dibekali fitur yang lengkap dan dengan antarmuka yang sederhana sehingga lebih mudah dipahami.

3. Animate Me!

Animate Me!
Sumber gambar: youtube

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.appymonkeys.animatemefinale

Dan aplikasi pembuat animasi di HP android yang terakhir yakni Animate Me!. Membuat animasi unik di Animate Me!, Anda memungkinkan untuk mengunggahnya langsung di Youtube. Di dalamnya juga terdapat banyak pilihan karakter unik dan membebaskan Anda untuk berkreasi dengan imajinasi sendiri.

Itulah tadi cara bikin animasi di android untuk pemula yang mudah dan simpel bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar