Cara Bikin Channel Youtube di Android Untuk Pemula

Menjadi Content Creator di Youtube bisa membuat seseorang lebih kreatif dalam banyak hal. Disamping itu, penghasilan yang didapat dari Youtube ini terbilang cukup tinggi, bahkan bisa mengalahkan gaji karyawan kantoran. Sebagai langkah awal, penting mengetahui cara bikin channel YouTube di android.

Perlu Anda ketahui, bahwasannya menjadi content creator bukan hanya bisa dilakukan lewat PC dan laptop. Ponsel andorid yang Anda miliki sudah cukup untuk menjadi seorang youtuber.

Sayangnya, masih banyak yang belum paham bagaimana cara menjadi seorang Youtuber tersebut. Jangankan untuk membuat dan mengupload video ke Youtube, membuat channel Youtube saja sebagian orang masih belum paham. Apakah Anda juga salah satunya? Jika iya, maka Anda perlu membaca ulasan ini sampai selesai. Berikut ini cara bikin Channel Youtube di android selengkapnya.

Cara Membuat Channel Youtube di Android yang Mudah

Cara Membuat Channel Youtube di Android yang Mudah
Sumber gambar: jalan tikus

Membuat channel Youtube pribadi ataupun untuk bisnis bisa dibilang sangat mudah dilakukan. Anda bisa membuatnya melalui perangka apa pun, termasuk melalui smartphone android. Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat cara bikin channel Youtube di android tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama pastinya Anda harus punya akun Google. Bisa menggunakan akun Google yang digunakan di smartphone android itu sendiri.
  2. Selain itu, Anda juga harus menginstall aplikasi Youtube Original di HP android, bukan Youtube Go ataupun Youtube Music.
  3. Jika semua sudah disiapkan, sekarang Anda buka aplikasi Youtube tersebut.
  4. Pastikan Anda sudah login menggunakan akun Google yang ada di smartphone android. Atau bisa juga mengganti akun Google lain dengan klik Foto Profil di pojok kanan atas dan pilih akun Google yang diinginkan.
  5. Pada halaman utama Youtube, selanjutnya Anda klik Foto Profil Youtube di pojok kanan atas. Kemudian klik pada opsi Channel Anda atau Your Channel.
  6. Di layar akan tampil notifikasi pop up untuk mulai membuat Channel Youtube. Silakan Anda isi nama Channel Youtube Anda, kemudian klik tombol Buat Channel atau Create Channel.
  7. Sekarang Anda sudah berhasil membuat channel Youtube. Tinggal klik tombol Edit Channel untuk mengatur informasi pada channel Youtube tersebut, mula dari foto profil, banner Youtube, nama channel Youtube hingga privasinya.

Cara Upload Video ke Channel Youtube Lewat Hp

Cara Upload Video ke Channel Youtube Lewat Hp
Sumber gambar: musdeorange

Sudah berhasil membuat channel Youtube, sekarang yang harus Anda lakukan adalah mengunggah video ke channel tersebut. Ada dua opsi yang bisa dipilih untuk mengunggah video di Youtube, yakni dengan merekam langsung atau mengupload video yang sudah dibuat dan diedit sebelumnya. Adapun langkah-langkah untuk mengunggah video di channel Youtube selengkapnya, yakni:

  1. Pertama Anda buka aplikasi Youtube di HP android.
  2. Pada halaman utama aplikasi, Anda klik tombol Plus yang ada di bagian bawah tampilan.
  3. Di sana ada 3 pilihan untuk mengunggah video Youtube, yakni Upload Video (untuk mengunggah video yang sudah ada di Galeri), Buat Video Singkat (untuk mengunggah video singkat) dan Live Streaming (untuk melakukan live streaming Youtube).
  4. Kami contohkan cara mengunggah video yang sudah ada di Galeri HP. Klik Upload Video lalu cari video yang ingin diunggah.
  5. Tunggu sampai video berhasil diunggah. Selanjutnya Anda lengkapi video tersebut dengan judul, deskripsi, tag atau hastag, thumbnail dan informasi lainnya.
  6. Jika semuanya dirasa sudah pas, selanjutnya Anda klik tombol Upload untuk mulai mengunggah video ke channel Youtube.

Itulah tadi cara bikin channel Youtube di android untuk pemula yang bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.