Cara Download File Google Drive di Laptop yang Anti Ribet

Google Drive merupakan salah satu layanan cloud gratis yang paling banyak digunakan sekarang ini. Merupakan layanan gratis dari Google, memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai jenis file dengan aman dan nyaman. Google Drive juga bisa dijadikan penyimpanan alternatif jika memori penyimpanan yang Anda punya sudah penuh. Selain upload, cara download file Google Drive di laptop juga cukup mudah.

Sudah menyimpan file di akun Google Drive, akan tetapi Anda tidak tahu cara untuk menyimpannya lagi di penyimpanan fisik? Tidak perlu bingung, karena di sini akan dibahas cara untuk mengunduh file dari Google Drive tersebut.

Mendownload file dari Google Drive bisa dilakukan melalui perangkat HP maupun laptop. Namun, di sini yang akan dibahas adalah cara download file Google Drive di laptop. Untuk informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Download File Google Drive di Laptop

Cara Download File Google Drive di Laptop
Sumber gambar: ez tekno

Sebenarnya sangat mudah untuk mendownload dan menyimpan lagi file yang sudah diupload di Google Drive untuk disimpan di laptop. Hanya saja memang tidak semua orang mengetahuinya, khususnya mereka yang masih awam di dunia laptop. Di sini Anda tidak perlu menggunakan aplikasi downloader tambahan, cukup memanfaatkan fitur yang disediakan di Google Drive.

Adapun cara download file Google Drive di laptop yang mudah dan praktis selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda buka browser di laptop, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer atau yang lainnya.
  2. Kemudian kunjungi situs resmi Google Drive melalui LINK INI. https://www.google.com/drive
  3. Selanjutnya Anda harus login ke akun Google Drive yang digunakan untuk menyimpan file yang ada didownload tadi. Klik tombol Go To Drive dan masukkan alamat email dan password akun Google.
  4. Kami asumsikan Anda sudah berhasil login ke akun Google Drive-nya.
  5. Pada halaman Google Drive, Anda masuk ke menu Drive Saya yang ada di bilah kiri layar.
  6. Di sana akan ditampilkan list file yang sudah Anda upload di Google Drive.
  7. Sekarang cari dan pilih salah satu file yang ingin Anda download dan disimpan di perangkat laptop.
  8. Jika sudah dipilih, selanjutnya Anda klik ikon tiga titik vertikal yang ada di bagian kanan atas tampilan, bersebelahan dengan ikon Tong Sampah.
  9. Nantinya akan muncul beberapa opsi di sana, Anda pilih saja opsi Download.
  10. Secara otomatis file yang dipilih tersebut akan didownload dan langsung tersimpan di folder Download pada laptop.
  11. Lakukan cara yang sama jika Anda ingin mendownload file lainnya di Google Drive.

Cara Download File Google Drive di Akun Orang Lain

Cara Download File Google Drive di Akun Orang Lain
Sumber gambar: andik.id

Mungkin file yang ingin Anda download berada di akun Google Drive orang lain. Kalau begitu Anda bisa memanfaatkan fitur Sharing dari Google Drive. Namun, Anda harus meminta si pemilik akun untuk mengaktifkan fitur tersebut, caranya:

  1. Langkah yang pertama buka situs Google Drive dan login ke akun pribadi seperti tadi.
  2. Masuk ke menu Drive Saya dan pilih file yang ingin di Share.
  3. Kemudian klik tombol Dapatkan Link atau dengan ikon seperti Rantai yang ada di sebelah kanan atas tampilan.
  4. Nantinya akan muncul jendela pop up untuk mengatur opsi Sharing File Google Drive. Atur opsi Sharing menjadi Publik atau Siapa Saja yang Memiliki Link. Kemudian pada opsi sebelah kanan Anda atur ke opsi Pengakses Lihat-Saja, Pemberi Komentar atau Editor. Disarankan untuk memilih opsi pengakses Lihat-Saja.
  5. Kalau sudah klik tombol Salin Link dan klik tombol Selesai.

Anda yang ingin mendownload file tadi, bisa klik meminta Link Share File tersebut. Tinggal kunjungi link tadi di browser, maka Anda akan dibawa ke halaman file yang di share tadi. Untuk mendownloadnya, Anda klik saja tombol Download yang ada di sebelah kanan atas layar.

Itulah tadi cara download file Google Drive di laptop yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar