Berikut adalah nama nama unsur kecuali a. oksigen b. nitrogen c. udara d. besi​

berikut ini adalah nama-nama unsur kecuali

Berikut adalah nama nama unsur kecuali a. oksigen b. nitrogen c. udara d. besi​

Pada soal di atas yang bukan termasuk nama unsur adalah udara (C). Udara merupakan campuran homogen. Adapun oksigen, nitrogen dan besi merupakan nama unsur. Simbol unsurnya berturut-turut adalah O, N, dan Fe.

 

Pembahasan

Materi di alam dapat dibagi menjadi zat tunggal dan campuran. Jika dipelajari lebih lanjut,zat tunggal yang ada di alam juga dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu unsur dan senyawa. Berikut pembahasan lebih lanjut terkait zat tunggal dan campuran.

Zat tunggal

Zat tunggal terdiri dari dua jenis yaitu unsur dan senyawa berikut pembahasan terkait unsur dan senyawa:

1) Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih sederhana. Banyak sekali unsur yang dapat kalian jumpai di alam diantaranya adalah emas, air raksa, besi, timah, seng, tembaga, dan nikel.

2) Senyawa merupakan zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua jenis atau lebih zat yang lebih sederhana dengan cara kimia. Misalnya, air yang memiliki rumus H₂O dapat diuraikan menjadi unsur hidrogen (H₂) dan oksigen (O₂).

Pelajari lebih lanjut tentang jenis ikatan dalam senyawa

Campuran

Campuran merupakan suatu materi yang terdiri dari dua zat atau lebih dan masih mempunyai sifat dari zat asalnya. Campuran dapat dibedakan menjadi dua yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

1) Campuran homogen adalah campuran yang tidak dapat dibedakan zat-zat yang tercampur di dalamnya. Contoh campuran homogen adalah larutan gula dan udara.

2) Campuran heterogen terjadi karena zat yang tidak dapat bercampur satu dengan lain secara sempurna sehingga dapat dikenali zat penyusunnya. Campuran pasir dan air di dalam gelas merupakan salah satu contoh dari campuran heterogen.