pemanfaatan sumber daya alam sebagai bahan pangan di indonesia adalah

pemanfaatan sumber daya alam sebagai bahan pangan di indonesia adalah

 

Jawaban:

padi jadi beras jadi nasi

kedelai jadi kecap

tebu jadi gula

singkong jadi tepung

Sumber daya alam pangan adalah segala sesuatu yang dari alam dan dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan telah dikonsumsi dan/atau digunakan dalam acara adat istiadat/keagamaan oleh masyarakat setempat. Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang mendapat curah hujan tinggi, sehingga Indonesia memiliki tanah yang kaya akan mineral dan subur. Padi merupakan bahan pangan penghasil beras yang menjadi bahan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Meskipun padi dapat digantikan oleh makanan lainnya, namun padi memiliki nilai tersendiri bagi orang yang biasa makan nasi dan tidak dapat dengan mudah digantikan oleh bahan makanan yang lain. Ketersediaan pangan di Indonesia masih didominasi oleh kelompok padi-padian. Sementara itu, ketersediaan kelompok bahan umbi-umbian, pangan hewani (daging dan olahannya, ikan dan olahannya, telur, dan susu), serta sayuran dan buah-buahan masih belum memenuhi rekomendasi yang ditentukan.

Sumber daya alam nabati adalah

Sumber daya alam nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan. SDA ini memiliki beragam manfaat dalam kehidupan. Manfaat SDA nabati mulai dari sumber pangan, pembuatan baju atau pakaian hingga menjadi bahan bakar.

Indonesia merupakan negara agraris kegiatan pemanfaatan sumber daya alam

Penjelasan:

Agraris merupakan sektor bidang pertanian. Disebut negara agraris karena sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian.

 

Keuntungan menjadi negara agraris yaitu :

1. Pertanian menjadi salah satu sektor yang menopang perekonomian negara.

2. Mudah memperoleh hasil pertanian demi memenuhi kebutuhan pangan tanpa harus impor dari luar negeri.

3. Membantu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencintai produk lokal.

4. Terciptanya ketahanan pangan.

5. Membuka lapangan pekerjaan baru di bidang perkebunan dan pertanian.

6. Mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar tidak berada di garis kemiskinan.

7. Terhindar dari krisis bahan pangan.

 

sektor pertanian menjadi ciri negara agraris tidak tergerus oleh zaman. Ada tiga alasan pertanian di Indonesia harus berkelanjutan :

1. Penyumbang sektor ekonomi

Sebagai negara agraris, peran pertanian Indonesia masih dominan dalam sistem perekonomian nasional.

Kontribusi sektor pertanian terhadap produk domestik bruto sekitar 20 persen dan menyerap lebih dari 50 persen tenaga kerja di pedesaan.

2. Pendukung sektor lain

Sebagai negara agraris, agrobisnis, dan agroindustri memiliki peran yang sangat vital dalam mendukung pembangunan sektor lainnya.

3. Pemanfaatan jangka panjang

Sebagai negara agraris, pembangunan pertanian berkelanjutan menjadi keharusan agar sumber daya alam yang ada sekarang ini dapat terus dimanfaatkan untuk kurun waktu yang relatif lama.

Pertanian tetap menjadi salah satu sektor vital untuk mendukung kebutuhan pangan.

Manfaat sumber daya alam hayati

Selain dimanfaatkan sebagai pangan, Sumber Daya Alam Hayati juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sandang atau pakaian, membangun, rumah, hingga sebagai bahan bakar.

Sumber daya alam non hayati adalah

Sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali keberadaannya dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus, contohnya: air, angin, sinar matahari, dan hasil tambang. Air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup dan bumi sendiri didominasi oleh wilayah perairan.

Contoh sumber daya alam hewani

Beberapa contoh sumber daya alam hewani adalah: – Hewan konsumsi yang di ternakkan. Hewan yang biasa di konsumsi oleh manusia, seperti sapi, kambing, bebek, dan ayam. Selain itu beberap hewan yang tidak biasa dikonsumsi manusia, tetapi tetap diternakkan yaitu kelinci, kodok, dan burung dara.