Cara Menambah RAM Laptop yang Mudah dan Benar

RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu komponen hardware laptop yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara. RAM sendiri sangat berpengaruh besar terhadap kecepatan performa laptop saat menjalankan berbagai aplikasi dan game. Jika ingin membuat performanya lebih smooth, simak yuk cara menambah RAM laptop berikut ini.

Dikarenakan fungsinya yang sangat krusial tersebut, banyak pengguna yang percaya semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat kinerja multitasking laptop. Karena itu, mereka yang mendapati RAM di laptopnya berkapasita kecil, dilakukan upgrade dengan cara menambah kapasitasnya.

Ini memang bisa dilakukan, akan tetapi belum banyak pengguna yang mengetahuinya. Berikut ini cara menambahRAM laptop Windows yang bisa coba Anda terapkan.

Cara Menambah RAM Laptop yang Mudah

Setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk menambah kapasitas RAM pada laptop. Kedua metode tersebut yakni menambah RAM secara fisik dan juga RAM secara virtual. Keduanya sama-sama efektif untuk memperbesar kapasitas RAM di laptop. Adapun cara menambah RAM laptop selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menambahkan RAM Fisik

Menambahkan RAM Fisik
Sumber gambar: carisinyal

Cara yang pertama untuk menambah kapasitas RAM yakni dengan memasangkan RAM tambahan di motherboard. Cara ini memang sangat efektif untuk meningkatkan kinerja multitasking laptop, dikarenakan kapasitas RAM yang sudah semakin besar. Anda bisa membongkar laptop dan memasangkan RAM tambahan yang bisa dibeli di toko komputer.

Akan tetapi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika Anda ingin menambah RAM fisik pada perangkat laptop. Adapun beberapa persyaratan tersebut, antara lain:

  • Terdapat slot kosong. Umumnya laptop dibekali dengan 2 slot RAM, di mana 1 slot dibiarkan kosong. Produsen menyediakan slot RAM kosong ini bagi pengguna yang ingin upgrade kapasitas RAM laptop.
  • Slot RAM tidak disolder permanen. Beberapa produsen laptop terkadang juga menyolder slot RAM di perangkat laptopnya dengan tujuan pengguna tidak bisa mengganti atau mengupgrade RAM. Jika ini yang Anda temukan, maka Anda benar-benar tidak bisa menambah RAM secara fisik.
  • Pilih jenis RAM dan ukuran yang tepat. Jangan sembarangan menambahkan RAM di laptop. Anda harus menyesuaikan dengan daya tampung laptop untuk kapasitas RAM, apakah hanya sampai 8GB atau 16GB.  Selain itu, pastikan Anda memilih jenis RAM yang sesuai dengan dukungan laptop, apakah DDR2, DDR3, ataupun DDR4.d
  • Pilih transfer rate RAM. Transfer rate pada RAM biasanya ditulis dengan kode PC 12800, PC 10600 dan seterusnya. Pastikan Anda memilih RAM dengan transfer rate yang cocok dengan laptop.

2. Menambah Kapasitas RAM Secara Virtual

Menambah Kapasitas RAM Secara Virtual
Sumber gambar: winpreso

Menambah RAM fisik mungkin akan menguras isi kantong Anda, dikarenakan harga RAM yang terbilang lumayan mahal. Jika Anda tidak memiliki dana untuk itu, maka bisa pilih alternatif kedua ini. Anda bisa membuat RAM virtual sebagai cara menambah kapasitas RAM laptop. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka Windows Explorer di laptop.
  • Kemudian klik kanan pada My Computer yang ada di bilah kiri, lalu pilih opsi Properties.
  • Pada jendela baru yang tampil, selanjutnya Anda masuk ke opsi Advanced System Settings yang ada di bilah kiri tampilan.
  • Nantinya akan muncul lagi jendela baru di layar. Pada jendela baru tersebut Anda masuk ke tab Advanced, lalu klik tombol Settings yang ada di bagian Performance.
  • Muncul lagi jendela baru, Anda masuk ke tab Advanced. Kemudian klik tombol Change yang ada di bagian Virtual Memory.
  • Selanjutnya hilangkan tanda centang pada bagian Automatically Manage Paging File Size for All Drives. Kemudian pilih Custom Size dan tentukan ukuran RAM Virtual sesuai keinginan. Sebagai contohnya di Initial Size Anda isi 4000MB dan di bagian Maximum Size diisi 8000 MB.
  • Jika sudah, klik tombol OK lalu lakukan Restart laptop.

Itulah tadi dua cara menambah RAM laptop baik secara fisik dan virtual yang mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.