perbedaan tari kelompok dengan tari berpasangan adalah

perbedaan tari kelompok dengan tari berpasangan adalah

jawaban

Perbedaan tari berpasangan dan tari berkelompok , yakni tari berpasangan adalah tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan sedangkan tari kelompok adalah bentuk tarian yang ditarikan secara kelompok yang diperagakan lebih dari 5 orang.

Maaf jika salah

Seni tari adalah sebuah seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu. Seni tari berguna untuk mengungkapkan perasaan, maksud, dan juga pikiran. Seni tari juga merupakan perpaduan antara raga, irama, dan rasa. Menurut penyusunan dan penyajian, tarian dibagi menjadi beberapa, diantaranya adalah tari tunggal, tari berpasangan, tari kelompok, tari massal dan drama tari.

Pembahasan

Berikut ini adalah penyusunan dan penyajian tari :

  • Tari Tunggal merupakan jenis tari yang dimana dimainkan mutlak oleh seorang penari. Contoh tari tunggal adalah tari gambyong,tari bondan, tari kelinci, dan tari topeng.
  • Tari berpasangan merupakan tari yang dibawakan oleh dua penari yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Pada tari berpasangan ini diperlukan keterlatihan gerak dengan patner atau lawan. Contoh tari berpasangan adalah tari pendet, tari golek, dan tari saman.
  • Tari kelompok merupakan tarian yang dimana dimainkan oleh banyak penari. Dalam penyajiannya memerlukan tempat yang luas seperti lapangan, aula, dan lain sebagainya. Contoh tari kelompok adalah tari jaranan tayub, tari jinggo leno, dan tari dolanan anak.