Perbedaan Teknologi TDD dan FDD yang Tawarkan Internet Ngebut

Mempunyai kecepatan internet yang ngebut tentu saja merupakan sebuah impian para pengguna smartphone di dunia termasuk Indonesia, apalagi kamu yang hobinya download film karena jika akses internet yang ada di rumah sangat cepat tentu saja akan membuat kamu senang karena dapat menikmati hasil unduhan yang kamu unduh dengan cepat.

 

Berbicara mengenai internet cepat, tahukah kamu tengah istilah teknologi TDD dan FDD? Yuk kita bahas dibawah ini.

 

TDD sendiri dinilai lebih unggul ketimbang FDD (Frequency Division Duplex) pada spektrum 900 MHz, 1.800 MHz, serta 2.100 MHz. Berkat TDD, pelanggan akan menikmati internet yang lebih cepat, dan kualitas video yang lebih baik.

spektrum FDD menggunakan frekuensi yang berbeda ketika pengguna melakukan download atau upload. Alhasil terjadi perbedaan antara kecepatan saat download dan upload.

Sementara TDD menggunakan frekuensi yang sama baik untuk upload maupun download. Sehingga pelanggan memiliki kecepatan yang sama saat melakukan aktivitas tersebut.

Kepemilikan FDD dan TDD juga memungkinkan Telkomsel untuk mengoptimalkan layanan 4G bagi pelanggan, misalnya saat spektrum TDD digunakan oleh banyak pengguna.

“Telkomsel punya spektrum FDD dan TDD yang besar. Saat pengguna butuh upload yang besar kita pakai FDD. Tapi saat butuh untuk download maka akan dioptimalkan dengan TDD,” papar Bob Apriawan, Direktur Network Telkomsel.

Di Indonesia sendiri, baru Telkomsel yang menggunakan spektrum FDD serta TDD. Sementara di mancanegara seperti spektrum ini telah digunakan oleh seluruh operator sepeti di China, Jepang, Amerika Serikat, Eropa serta Afrika. Pasalnya TDD mendukung perusahaan dalam upaya keberlanjutan menuju 5G.

Tinggalkan komentar