Bahaya! Software Perekam Ketikan Keyboard Ditemukan di Laptop
Sumber gambar: roxed ltd

Bahaya! Software Perekam Ketikan Keyboard Ditemukan di Laptop

Seiring berkembangnya teknologi, ternyata banyak juga loh yang memanfaatkan sistem ini sebagai senjata kejahatan dengan maksud tertentu. Tentu kita tahu dengan istilah hacker yang sering dibicarakan banyak pihak karena telah melakukan perusakan sistem, kamu juga pasti tahu tentang malware yang dapat menyelinap masuk kedalam perangkat.

Namun, kali ini modus kejahatan mengenai teknologi berbeda, karena ada sebuah kasus ditemukan sebuah software yang didalamnya mengandung program jahat, program jahat yang dimaksud dalam software ini yaitu keylogger yang dapat merekam setiap ketikkan keyboard di laptop. Dilansir Ubergizmo, keylogger biasanya digunakan untuk mengintip password, username, email dan nomor telefon pengguna, saat melakukan login di komputer.

Beberapa seri lapop HP yang ditemukan memiliki software keylogger antara lain EliteBook, ProBook, Pavilion, dan Envy. Laptop yang tersemat software keylogger merupakan keluaran 2012 lalu. Mengetahui akan hal tersebut, pihak HP angkat suara. Menurutnya, mereka menggunakan software Synaptics yang digunakan untuk membantu masalah debug, bukan untuk memata-matai.

Selain itu HP juga telah merilis patch keamanan yang akan menghapus software keylogger tersebut. Pengguna yang memiliki seri laptop seperti yang disebutkan di atas, dapat mengunjungi situs untuk mendapatkan patch tersebut.