Mempercayai dan meyakini bahwa Allah Swt. menciptakan malaikat dari cahaya (nur) dan memiliki sifat senantiasa taat dan patuh terhadap perintah Allah Swt serta tidak pernah bermaksiat kepada-Nya. Pernyataan di atas yang merupakan pengertian dari rukun iman yang ke ….

Mempercayai dan meyakini bahwa Allah Swt. menciptakan malaikat dari cahaya (nur) dan memiliki sifat senantiasa taat dan patuh terhadap perintah Allah Swt serta tidak pernah bermaksiat kepada-Nya.

Pernyataan di atas yang merupakan pengertian dari rukun iman yang ke ….
A. 1             C. 3
B. 2             D. 4

Mempercayai dan meyakini bahwa Allah SWT menciptakan malaikat dari cahaya (nur) dan memiliki sifat senantiasa taat dan patuh terhadap perintah Allah SWT serta tidak pernah bermaksiat kepada-Nya. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari rukun iman yang kedua.

 

Pembahasan:

Iman adalah mempercayai dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan perbuatan sehari-hari. Dalam islam terdapat enam rukun iman. Oleh karena itu, kita harus mempercayai dengan sepenuh hati tentang rukun iman tersebut. Rukun iman antara lain:

  1. Iman kepada Allah SWT.
  2. Iman kepada para Malaikat.
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
  4. Iman kepada Nabi dan Rasul.
  5. Iman kepada hari akhir (kiamat).
  6. Iman kepada Qada dan Qadar (takdir).

Iman kepada malaikat adalah mempercayai dan meyakini bahwa Allah SWT menciptakan malaikat dari cahaya (nur) dan memiliki sifat senantiasa taat dan patuh terhadap perintah Allah SWT serta tidak pernah bermaksiat kepada-Nya.